Pengucapan Ame/hujan (雨) dan Ame/permen (飴) pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan 2020 Universitas Brawijaya

Zalianti, Nur Halizah and Dr. Sri Aju Indrowaty, S.Pd., M.Pd. (2024) Pengucapan Ame/hujan (雨) dan Ame/permen (飴) pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan 2020 Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengucapan Ame/Hujan (雨) dan Ame/Permen (飴) pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan 2020 Universitas Brawijaya”. Penelitian ini membahas mengenai pengucapan ame/hujan (雨) dengan pengucapan nada tinggi (↗) ke nada rendah (↘) dan ame/permen (飴) dengan pengucapan nada rendah (↘) ke nada tinggi (↗) pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tingkat pemahaman responden dalam memahami pengucapan ame/hujan (雨) dan ame/permen (飴). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. 10 responden Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan 2020 sebagai sumber data. Peneliti mengkaji tingkat pemahaman mahasiswa menggunakan rekaman suara yang kemudian di analisis melalui Praat untuk dilihat hasil pengucapannya. Hasil penelitian adalah pada kata ame/hujan (雨) 90% dapat mengucapkan dengan nada yang benar. Kemudian pada kata ame/permen (飴) 50% dapat mengucapkan dengan nada yang benar. Terdapat 6 responden yang melakukan kesalahan, hal ini disebabkan oleh strategi belajar dan budaya bahasa kedua. Hasil dari penelitian ini, peneliti memberikan saran analisis kata benda hoshii/ingin (欲しい) dengan hoshi/Bintang (星) yang berfokus pada pitch, intensity, dan responden dari Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang dan Sastra Jepang yang dapat digunakan sebagai perbandingan.

Other obstract

この研究のタイトルは、 ブラウィジャヤ大学の 2020 年度日本語教育学 生における「雨」 と「飴」 の発音である 。 2020 年度の日本語教育学生に おける「雨」 の高音 (↗) から 低音 (↘) の発音と「飴」 の低音 (↘) から 高音 (↗) の発音について検討したものである。 「雨」 と「飴」 の発音に対 する 回答者の理解度を調べることを目的である 。 この研究では記述的定性 的方法を使用する。 2020 年度日本語教育研修生の回答者 10 名をデータソ ース として使用する。 研究者らは音声録音を使用して大学生の理解度を評 価し、その後、 Praat を通じて分析して発音の結果を確認する 。 調査の結 果によると、 90% が「雨」 という 単語を正しい声調で発音できる。 次に、 「飴」 という 単語については、 50% が正しい声調で発音できる。 間違いを 犯した回答者は 6 名で、その原因はは学習戦略と 第二言語の文化である。 研究者は、 調査結果をもとに、 音程や強さに着目した名詞「欲しい」と 「星」 の分析案と、 比較対象となる 日本語教育学部・日本文学部の回答者 を提示する。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524120114
Uncontrolled Keywords: Pengucapan, Hujan, Permen
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 05 Aug 2024 07:44
Last Modified: 05 Aug 2024 07:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/223469
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nur Halizah Zalianti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item