Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Susu Murni di UPT PT dan HMT Malang

Putri, Jessica Laura and Dr. Eko Nugroho, S. Pt., M. Sc., Ph. D. and Puji Akhiroh, S. Pt., M. Sc. (2024) Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Susu Murni di UPT PT dan HMT Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

i pemerahan sapi sehat. Susu memiliki kandungan gizi tinggi yang diperlukan oleh tubuh. Meskipun konsumsi susu masih rendah, kesadaran akan pentingnya gizi akan terus meningkat berkat informasi dan tren minum susu yang gencar dipromosikan. Meningkatnya tren tersebut dapat menyebabkan semakin marak produk yang tersedia dipasaran. Konsumen sebelum memutuskan membeli suatu produk akan mencari produk yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhannya, yang dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor tertentu. Faktor-faktor perilaku konsumen tersebut dapat menjadi peran bagi konsumen dalam memilih suatu produk. Pemahaman faktor-faktor tersebut dapat mengidentifikasi preferensi kebutuhan konsumen di pasar. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Tuban, Jawa Timur yang dimulai pada bulan 26 Maret-30 April 2024. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji faktor-faktor yang memengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian susu murni di UPT PT dan HMT Malang. Total sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 100 responden. Populasi penelitian yang diambil adalah konsumen yang pernah membeli dan mengkonsumsi susu murni UPT PT dan HMT Malang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk diolah menjadi suatu hasil analisis data dengan bantuan SPSS versi 22. Penentuan responden menggunakan metode non probability sampling dengan teknik accidental sampling. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa karakteristik konsumen yang melakukan keputusan pembelian susu murni di UPT PT dan HMT Malang yaitu berjenis kelamin perempuan berusia 40-50 tahun yang merupakan seorang ibu rumah tangga dengan pendidikan SD/Sederajat dan berpenghasilan kurang dari Rp. 1.000.000. Hasil penelitian uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa nilai koefisien rhitung > rtabel sebesar 0,195 dan nilai koefisien Cronbach Alpha > 0,60, sehingga data kuesioner dinyatakan valid dan reliabel. Hasil pengujian pada analisis regresi linear berganda menunjukkan persamaan regresi yaitu Y = 4,482 + 0,128 X1 + 0,301 X2 + 0,302 X3 + 0,219 X4 dan nilai R square atau nilai koefisien determinasi sebesar 0,371 atau 37,1% yang menunjukkan bahwa variabel bebas (faktor sosial, faktor pribadi, faktor psikologis, dan faktor budaya) mempengaruhi variabel terikat (keputusan pembelian) sebesar 37,1% sedangkan 62,9% dipengaruhi oleh variabel lain selain variabel bebas dalam penelitian. Hasil pengujian pada model regresi linear berganda menunjukkan faktor pribadi dan faktor psikologi terdapat pengaruh signifikan dengan nilai signifikasi < 0,05 dan t hitung > t tabel sebesar 1,985 sementara faktor sosial dan faktor budaya tidak terdapat pengaruh signifikan dengan nilai signifikasi > 0,05 dan t hitung < t tabel sebesar 1,985. Hasil pengujian uji F diperoleh nilai F hitung 13,987 > nilai F tabel 2,46 dan nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05 maka terdapat pengaruh keempat faktor secara simultan terhadap keputusan pembelian susu murni di UPT PT dan HMT Malang. Kesimpulan dari penelitian ini, karakteristik konsumen susu murni di UPT PT dan HMT Malang adalah ibu rumah tangga berusia 40-50 tahun dengan pendidikan SD/Sederajat dan berpenghasilan kurang dari Rp. 1.000.000. Hasil secara simultan faktor sosial, faktor pribadi, faktor psikologis, dan faktor budaya berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian susu murni di UPT PT dan HMT Malang. Hasil secara parsial faktor sosial dan faktor budaya tidak berpengaruh signifikan sementara faktor pribadi dan faktor psikologis berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian susu murni di UPT PT dan HMT Malang.

English Abstract

The research aims to examine the factors that influence consumers purchasing decisions for pure milk from UPT PT and HMT Malang. The research population comprises consumers who have purchased or consumed pure milk from UPT PT and HMT Malang. A total of 100 respondents have been selected to participate in the research. The sampling method employed was non-probability sampling with an accidental sampling technique. Data collection methods included the use of questionnaires for primary data and literature studies for secondary data. Data analysis was conducted using multiple linear regression analysis with the SPSS for Windows version 22 program. The data analysis process commenced with a validity test, a reliability test, a multiple linear regression analysis, and finally an F test hypothesis testing. The result of this research indicate the characteristics of pure milk consumers at UPT PT and HMT Malang are housewives aged 40-50 years old, who graduated from primary school and have an income of less than Rp. 1.000.000. The results of this research indicate that personal factors and psychological factors exert a significant impact on purchasing decisions for pure milk at UPT PT and HMT Malang, while social factors and cultural factors do not significantly impact on purchasing decisions for pure milk at UPT PT and HMT Malang. The results of the research simultaneously demonstrate that social, personal, psychological, and cultural factors exert a significant impact on purchasing decisions for pure milk at UPT PT and HMT Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052405
Uncontrolled Keywords: Pure Milk, Purchasing Decisions, Consumer Behaviour
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 20 Aug 2024 04:48
Last Modified: 20 Aug 2024 04:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/223453
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Jessica Laura Putri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item