Efektivitas New Media dalam Praktik Cyber Public Relations Berdasarkan Model Dialogic Communication (Studi Analisis Isi Deskriptif Kuantitatif Pada Instagram dan Website Politeknik Negeri Malang Periode Juni-Agustus 2023)

Febrianti, Dwi Anisa and Prof. Rachmat Kriyantono, S.Sos, M.Si, Ph.D. and Prof. Anang Sujoko, S.Sos., M.Si., D.COMM (2023) Efektivitas New Media dalam Praktik Cyber Public Relations Berdasarkan Model Dialogic Communication (Studi Analisis Isi Deskriptif Kuantitatif Pada Instagram dan Website Politeknik Negeri Malang Periode Juni-Agustus 2023). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Internet sebagai media baru telah mengubah praktik Public Relations dengan memanfaatkan teknologi komunikasi new media yang kemudian dikenal dengan istilah Cyber Public Relations. Praktik Cyber Public relations di Politeknik Negeri Malang memanfaatkan new media Instagram (@polinema_campus), dan website (https://www.polinema.ac.id/) sebagai saluran komunikasi resmi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektivitas penggunaan new media tersebut sebagai media komunikasi dua arah dengan kerangka teori dialogic communication. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data analisis konten kuantitatif terhadap fitur dan unggahan Instagram dan website Politeknik Negeri Malang. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa penerapan prinsip Dialogic Communication pada pengelolaan konten dan fitur di website efektif, dibuktikan dengan hasil penelitian yang menunjukkan efektivitas sebesar 66,8%. Sedangkan penerapan prinsip Dialogic Communication pada pengelolaan konten di Instagram kurang efektif, dengan efektivitas sebesar 48%. Peneliti menyarankan bahwa untuk mencapai adanya komunikasi dua arah antara perguruan tinggi dan publik, serta terpenhinya prinsip Dialogic Loop yang efektif, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Hubungan Masyarakat Politeknik Negeri Malang perlu mengelola konten yang dapat memfasilitasi dialog secara langsung antara institusi dan publiknya,

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 042311
Uncontrolled Keywords: Cyber Public Relations; New Media; Dialogic Communication
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 02 Aug 2024 07:20
Last Modified: 02 Aug 2024 07:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/223437
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dwi Anisa Febrianti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125MB)

Actions (login required)

View Item View Item