Kinerja Pustakawan dalam Meningkatkan Layanan Pengguna (Studi pada Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya)

Abdillah, Muhammad Fatih and Mochamad Chazienul Ulum, S.Sos., M.AP and Asti Amelia Novita, S.AP, M.AP, Ph.D (2024) Kinerja Pustakawan dalam Meningkatkan Layanan Pengguna (Studi pada Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Universitas Brawijaya memiliki perpustakaan pusat yang merupakan salah program cakupan universitas. Perpustakaan perguruan tinggi merupakan lembaga yang berperan besar sebagai pusat informasi dan sumber ilmu pengetahuan. Sebagai sumber informasi, perpustakaan perguruan tinggi memegang peranan strategis dalam pengelolaan dan penyebarluasan informasi. Oleh karena itu, untuk dapat mewujudkan kualitas pelayanan perpustakaan yang baik maka dibutuhkan juga sumber daya manusai yang baik pula, yakni seorang pustakawan. Pustakawan diharuskan untuk cepat tanggap terhadap kebutuhan masyarakat untuk menyediakan informasi yang akurat, relevan, dan tepat waktu. Pustakawan diharuskan untuk memiliki kualitas kinerja yang baik dalam hal pelayanan kepada pemustaka untuk mendukung layanan yang prima. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis kinerja pelayanan yang diberikan oleh pustakawan kepada pemustaka pada Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu kinerja pustakawan dalam melayani pemustaka di Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya masih belum sepenuhnya dapat melayani pemustaka dengan baik. Berdasarkan kode etik pustakawan mengenai sifat dasar pustakawan dan hubungan dengan pengguna, terdapat poin-poin seperti pustakawan bertindak sopan serta bijaksana dalam melayani, dan pustakawan bersikap sopan serta bijak dalam melayani pemustaka belum sepenuhnya diterapkan oleh pustakawan Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya dikarenakan kurangnya sumber daya manusia yang memadai. Selanjutnya ntuk faktor-faktor yang menjadi pendukung bagi pustakawan dalam melayani pemustaka adalah kemampuan dan keterampilan, pendidikan, jenis kelamin, faktor psikologis, kepemimpinan, penghargaan, serta struktur organisasi dan desain pekerjaan. Sedangkan untuk faktor-faktor yang menjadi penghambat bagi pustakawan dalam melayani pemustaka adalah usia dan sumber daya manusia yang masih kurang, sehingga hal ini harus menjadi fokus utama bagi Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya untuk meningkatkan layanan bagi pemustaka.

English Abstract

Brawijaya University has a central library which is one of the university's outreach programs. The university library is an institution that plays a major role as a center of information and a source of knowledge. As a source of information, university libraries play a strategic role in the management and dissemination of information. Therefore, to be able to realize the quality of good library services, good human resources are also needed, namely a librarian. Librarians are required to be responsive to the needs of the community to provide accurate, relevant and timely information. Librarians are required to have good performance quality in terms of service to the library to support excellent service. The purpose of this study was to determine, describe, and analyze the performance of services provided by librarians to visitors at the Central Library of Universitas Brawijaya. The type of research used is descriptive research with a qualitative approach, with collection techniques in the form of observation, interviews, and documentation. The result of this study is that the performance of librarians in serving visitors at the Central Library of Universitas Brawijaya is still not fully able to serve visitors well. Based on the librarian's code of ethics regarding the nature of librarians and relationships with users, there are points such as librarians acting politely and wisely in serving, and librarians being polite and wise in serving visitors have not been fully implemented by librarians at the Central Library of Universitas Brawijaya due to the lack of adequate human resources. Furthermore, the factors that support librarians in serving visitors are abilities and skills, education, gender, psychological factors, leadership, rewards, and organizational structure and job design. As for the factors that become obstacles for librarians in serving users are age and lack of human resources, so this should be the main focus for the Central Library of Universitas Brawijaya to improve services for users.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052403
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan, Pustakawan, Kinerja, Layanan, Faktor, Universitas Brawijaya-Library, Librarian, Performance, Service, Factors, Universitas Brawijaya
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Perpustakaan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 31 Jul 2024 03:50
Last Modified: 31 Jul 2024 03:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/223312
[thumbnail of Muhammad Fatih Abdillah.pdf] Text
Muhammad Fatih Abdillah.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Fatih Abdillah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item