Pengaruh Debt Default, Profitabilitas Dan Financial Distress Terhadap Penerimaan Opini Audit Going Concern (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2019-2022)

Rohmawati, Siti Aminah and Drs.Ali Djamhuri, Ak., M.Com., Ph.D. (2024) Pengaruh Debt Default, Profitabilitas Dan Financial Distress Terhadap Penerimaan Opini Audit Going Concern (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2019-2022). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh debt default, profitabilitas, dan financial distress terhadap penerimaan opini audit going concern. Objek penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2019-2022. Variabel independen dalam penelitian ini adalah debt default, profitabilitas, dan financial distress. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah opini audit going concern. Penelitian ini menggunakan data sekunder, yaitu laporan keuangan perusahaan manufaktur pada tahun 2019-2022 yang telah diaudit. Sampel dipilih berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan dengan menggunakan metode purposive sampling. Jumlah sampel penelitian yang digunakan sebanyak 248 data dari 62 perusahaan yang memenuhi kriteria. Variabel debt Default diukur dengan menggunakan rasio Current Ratio, variabel profitabilitas diukur dengan menggunakan rasio Return on Assets, dan variabel financial distress diproksikan menggunakan model Altman Z-score. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi logistik. Hasil penelitian membuktikan bahwa debt default dan financial distress berpengaruh signifikan terhadap penerimaan opini audit going concern sedangkan variabel profitabilitas tidak berpengaruh terhadap terhadap penerimaan opini audit going concern.

English Abstract

This study aims to analyze the effect of debt default, profitability, and financial distress on going concern audit opinion. The objectt of this research includes the manufacturing company listed on the Indonesia Stock Exchange in 2019 -2022. Independent variables in this research is debt default, profitability. The dependent variabel in this research is going concern audit opinion. This study utilizes samples of 248 secondary data of audited financial reports obtained from 62 manufacturing companies in 2019 – 2022 according to predetermined criteria, selected through purposive sampling. The debt default and profitability are measured by the Current Ratio and Return on Assets ratio, respectively, and financial distress is represented by the Altman Z-score model. The results of the logistic regression analysis exhibit that debt default and financial distress have a significant effect on going concern audit opinion while profitability has no effect on going concern audit opinion.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052402
Uncontrolled Keywords: Debt Default, Profitabilitas, Financial distress, Penerimaan Opini Audit Going Concern, Altman Z-score-Debt Default, Profitability, Financial Distress, Going Concern Audit Opinion, Altman Z-Score
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 16 Aug 2024 05:52
Last Modified: 16 Aug 2024 05:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/223309
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Siti Aminah Rohmawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item