Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kesuksesan Sistem Informasi Lapor Dik Melalui Kepuasan Pengguna (Studi Kasus Pada PKBM Permata Bangsa, PKBM Mekar Asri, Dan PKBM ICI)

Lokeswara, Lalita Mahaprajna and Prof. Dr. Choirul Saleh, M.Si. and Nurjati Widodo, S.AP., M.AP. (2024) Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kesuksesan Sistem Informasi Lapor Dik Melalui Kepuasan Pengguna (Studi Kasus Pada PKBM Permata Bangsa, PKBM Mekar Asri, Dan PKBM ICI). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Peningkatan yang terjadi pada anak putus sekolah setiap tahunnya menjadi perhatian bagi pemerintah untuk mengatasi permasalahan tersebut. Adanya perkembangan sistem informasi menjadi langkah yang tepat untuk mengatasi permasalahan anak putus sekolah oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya melalui sistem Lapor Dik. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menilai pengaruh yang diberikan kualitas layanan terhadap kesuksesan sistem informasi Lapor Dik melalui kepuasan pengguna yaitu siswa outreach Kejar Paket. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Pada penelitian ini digunakan skala pengukuran menggunakan Skala Likert. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa outreach Kejar Paket di Surabaya pada PKBM Permata Bangsa, PKBM Mekar Asri, dan PKBM Insan Cerdas Indonesia (ICI) yang berjumlah 112 orang dengan sampel menggunakan rumus Slovin didapatkan bahwa sampel berjumlah 53 sampel penelitian yang terdiri dari siswa outreach Kejar Paket A, Paket B, dan Paket C. Teknik analisis data menggunakan statistic deskriptif dan analis structural equation modelling (SEM). Pada analisa inner model diperoleh hasil R Square sebesar 0,660 yang berarti 66% tingkat kepuasan pengguna yang dipengaruhi oleh kualitas layanan dengan kategori substansial dan 43,4% untuk manfaat-manfaat bersih yang dipengaruhi oleh kualitas layanan dengan kategori moderat. Hasil uji hipotesis menghasilkan p values 0,000<0,05 dan t statistik >1,96 dengan artian terdapat adanya pengaruh yang signifikan antara kualitas layanan terhadap kesuksesan sistem informasi melalui kepuasan pengguna pada studi kasus di PKBM terkait di Surabaya.

English Abstract

The increase in children dropping out of school every year is a concern for the government to overcome this problem. The development of an information system is the right step to overcome the problem of children dropping out of school by the Surabaya City Education Office through the Lapor Dik system. The aim of this research is to assess the influence that service quality has on the success of the Lapor Dik information system through user satisfaction, namely Kejar Paket outreach students. This research uses a quantitative research approach with survey methods. In this study, a measurement scale was used using a Likert Scale. The population in this study were Kejar Paket outreach students in Surabaya at PKBM Permata Bangsa, PKBM Mekar Asri, and PKBM Insan Intelligent Indonesia (ICI) totaling 112 people with a sample using the Slovin formula. It was found that the sample was 53 research samples consisting of Kejar outreach students Package A, Package B, and Package C. Data analysis techniques use descriptive statistics and structural equation modeling (SEM) analysis. In the inner model analysis, the R Square result was 0.660, which means 66% of the user satisfaction level is influenced by service quality in the substantial category and 43.4% for net benefits which are influenced by service quality in the moderate category. The results of the hypothesis test produced a p values of 0.000 <0.05 and a t statistic >1.96, meaning that there is a significant influence between service quality on the success of the information system through user satisfaction in the case study at the relevant PKBM in Surabaya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052403
Uncontrolled Keywords: Kualitas Layanan, Kepuasan Pengguna, Manfaat-Manfaat Bersih, PKBM, Siswa Outreach Kejar Paket-Service Quality, User Satisfaction, Net Benefits, PKBM, Outreach Students Kejar Paket.
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Administrasi Pendidikan
Depositing User: soegeng Moelyono
Date Deposited: 31 Jul 2024 03:50
Last Modified: 31 Jul 2024 03:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/223308
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Lalita Mahaprajna Lokeswara.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item