Analisis Penggunaan Gaya Bahasa Dalam Lirik Lagu Pada Album Gentou Karya Yorushika

Tahar, Awallu Faizal and Dr. Sri Aju Androwaty, M.Pd. (2024) Analisis Penggunaan Gaya Bahasa Dalam Lirik Lagu Pada Album Gentou Karya Yorushika. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apa saja gaya bahasa yang terdapat pada delapan lagu karya Yorushika. Data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah depan lagu pada album Gentou karya Yorushika yang berjudul Bremen, 451, Roujin to Umi, Sayuumou, Algernon, Matasaburou, Chinokate, Miyakoochi. Metode yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori stilistika analisis gaya bahasa pada sebuah lirik lagu. Dalam hasil penelitian ini ditemukan 25 lirik yang mengandung gaya bahasa, jenisjenis gaya bahasa tersebut diantaranya adalah Metafora, Simile, Personafikasi, Repetisi, Retoris, Sindeknok ,dan Simbolik. Berdasarkan 25 data temuan gaya bahasa pada lirik lagu album Gentou karya Yorushika ditemukan makna yang terkandung pada gaya bahasa tersebut adalah 23 makna konotatif dan 2 makna denotatif.

Other obstract

この研究は、ヨルシカの8曲に含まれる比喩を説明することを目的としている。 この研究で著者が使用したデータは、スキマスイッチの8 曲で、「ブレーメン」、 「451」、「老人と海」 、 「左右盲」 、 「アルジャーノン」 、「又三郎」、「チノ カ テ」、「都落ち」 である。この研究で研究者が使用した方法は、記述的アプロ ーチによる定性的研究方法である 。この研究で使用された理論は比喩からなる文 体理論である。 この調査結果のよると、ヨルシカの8曲には 比喩を含む 25 歌詞 のがある 。 それも この調査結果のよると、含む 25 歌詞には 23 の暗示的意味と 2 つの指示的意味がある 。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524120092
Uncontrolled Keywords: Gaya Bahasa, makna, lirik lagu, stilistika, Yorushika-比喩、歌詞、 意味、 文体理論、 ヨルシカ
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 30 Jul 2024 08:35
Last Modified: 30 Jul 2024 08:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/223291
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Awallu Faizal Haryasyah Tahar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item