Manfaat Literasi Informasi dalam Menunjang proses Pembelajaran Mahasiswa (Studi pada Ruang Baca Fadel Muhammad Resource Center (FMRC) Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya)

Novitasari, Berliana Aswin and Dr. Farida Nurani, S.Sos., M.Si and Bayu Amengku Praja, S.Mn., M.Si (2024) Manfaat Literasi Informasi dalam Menunjang proses Pembelajaran Mahasiswa (Studi pada Ruang Baca Fadel Muhammad Resource Center (FMRC) Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam perkembangan teknologi informasi di era saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat sehingga terjadi adanya perubahan perilaku pencarian informasi pada segala aspek kehidupan masyarakat. Hal tersebut berdampak pada perilaku pencarian informasi pada mahasiswa. Mahasiswa melakukan pencarian literasi informasi sebagai bentuk dalam proses pemecahan masalahnya. Literasi informasi adalah keterampilan penting yang memungkinkan untuk pemustaka mengakses, mengevaluasi, menggunakan, dan menyebarkan informasi dengan efektif. Sehingga keberadaan ruang baca dibutuhkan untuk menunjang proses pembelajaran di perguruan tinggi. Ruang baca termasuk jenis perpustakaan yang ada di tiap fakultas yang ada di perguruan tinggi, sehingga ruang baca didirikan dan dikelola oleh pihak fakultas dengan bertujuan untuk menyediakan koleksi bahan pustaka dan memberikan pelayanan kepada mahasiswa guna memenuhi infromasi dan dapat meningkatkan literasi informasi mahasiswa dalam menunjang proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis manfaat literasi informasi untuk menunjang proses pembelajaran mahasiswa di Ruang Baca FMRC Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya, serta faktor pendukung dan penghambat Ruang Baca FMRC Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya dalam meningkatkan literasi informasi dalam menunjang proses pembelajaran mahasiswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitataif. Penelitian ini juga menggunakan metode analisis data interaktif Miles Huberman dan Saldana. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pengadaan koleksi bahan pustaka yang ada di Ruang Baca FMRC Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam proses pembelajaran. Ruang Baca FMRC menyediakan bahankoleksi yang dapat digunakan oleh pemustaka sesuai dengan kebutuhan tiap individu. Faktor pendukung dan penghambat dalam memanfaatkan literasi informasi dalam menunjang proses pembelajaran terdiri dari 2 indikator yakni, teknologi dan anggaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052403
Uncontrolled Keywords: Literasi Informasi, Perpustakaan, Ruang Baca, Manfaat Literasi Informasi
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Perpustakaan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 30 Jul 2024 02:38
Last Modified: 30 Jul 2024 02:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/223277
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Berliana Aswin Novitasari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item