Inovasi Pelayanan Publik Dispenduk Care of Disabilities and Social Inclusion (Studi pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Malang)

A'la, Ahlina Firdausi and Dr. Mochammad Rozikin, MAP and Bayu Amengku Praja, S.Mn., M.Si., (2024) Inovasi Pelayanan Publik Dispenduk Care of Disabilities and Social Inclusion (Studi pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan yang inklusif menempatkan pelayanan publik sebagai hak dari semua warga tanpa terkecuali, termasuk penyandang disabilitas. Inovasi pelayanan menjadi penting karena terdapat segmen masyarakat yang belum terlayani dengan baik atau terdapat jenis pelayanan yang belum ada. Inovasi Dispenduk Care of Disabilities and Social Inclusion (D-Cards) ditujukan untuk melayani masyarakat yang memiliki keterbatasan aksesibilitas penyandang disabilitas atau kelompok rentan dan lansia dalam memperoleh dokumen kependudukan Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. dengan teori tipologi inovasi oleh Mulgan dan Albury dalam Khairul Muluk serta faktor internal dan eksternal pelaksanaaninovasi. Penelitian ini berlokasi di Kota Malang dengan situs di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Malang. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pelaksanaan inovasi pelayanan publik D-Cards termasuk dalam jenis inovasi proses, inovasi metode pelayanan, inovasi strategi atau kebijakan dan inovasi sistem. Faktor internal meliputi dua aspek penting, yaitu kepemimpinan dan iklim organisasi, sedangkan faktor eksternal yaitu lingkungan politik.

English Abstract

Inclusive services position public service as a right for all citizens, including persons with disabilities. Service innovation becomes crucial as there are segments of society that are underserved or lack specific types of services. The Dispenduk Care of Disabilities and Social Inclusion (D-Cards) innovation aims to address accessibility limitations faced by persons with disabilities, elderly, and vulnerable groups in obtaining civil registration documents. This study employs qualitative research methods, utilizing Mulgan and Albury's typology of innovation within Khairul Muluk's framework, focusing on internal and external factors influencing innovation implementation. Conducted in Malang City, the study is situated at the Malang Civil Registration Office. Data sources include primary and secondary data collected through observation, interviews, and documentation. Findings indicate that the implementation of D-Cards public service innovation encompasses process innovation, service method innovation, strategic or policy innovation, and system innovation. Key internal factors include leadership and organizational climate, while external factors primarily involve the political environment.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052403
Uncontrolled Keywords: Inovasi, Penyandang Disabilitas, Administrasi Kependudukan - Innovation, Persons with Disabilities, Civil Registration Administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 30 Jul 2024 02:38
Last Modified: 30 Jul 2024 02:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/223267
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ahlina Firdausi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item