Analisis Penerimaan Literasi Digital Dalam Aplikasi SISMANDASA di SMA Negeri 10 Malang

Pratiwi, Afifah Salsabila and Dr. Drs. M Shobaruddin, Ma and Bayu Indra Pratama., S.I.Kom., M.A. (2024) Analisis Penerimaan Literasi Digital Dalam Aplikasi SISMANDASA di SMA Negeri 10 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Pendidikan mengalami perkembangan yang pesat, ditandai dengan munculnya sistem pembelajaran secara digital (Munir, 2017). Pada era sekarang ini, diperlukannya sistem literasi yang dapat memanfaatkan teknologi digital guna meningkatkan kemampuan dalam literasi atau dapat disebut dengan literasi digital. Salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan literasi digital peserta didik adalah dengan pembelajaran menggunakan aplikasi atau platform digital. SMA Negeri 10 Malang, telah mengadopsi penggunaan aplikasi sebagai bagian dari strategi pendidikan mereka. Dalam konteks pendidikan modern, aplikasi menjadi alat penting untuk meningkatkan interaksi antara guru dan siswa, serta memfasilitasi pembelajaran mandiri. Di SMA Negeri 10 Malang, penerapan aplikasi SISMANDASA telah menjadi fokus utama dalam upaya memperluas akses terhadap materi pelajaran dan meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan utuk mengetahui dan menganalisis penerimaan digitalisasi dalam perspektif konseptual dan empiris mengenai literasi digital dalam aplikasi SISMANDASA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan aplikai SISMANDASA telah memenuhi indikator teori TAM-Extened yang dikemukakan Fred Davis. Meskipun telah mendapatkan respon positif, baik dari pihak siswa dan guru, namun masih terlihat beberapa kendala yang membutuhkan pembenahan dalam penerapannya. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka penulis merekomendasikan untuk meingkatkan kualitas sistem guna meningkatkan kepuasan pengguna.

English Abstract

Education is a conscious and planned effort to create a learning atmosphere and learning process so that students actively develop their potential to have religious spiritual strength, self-control, personality, intelligence, noble character, and skills needed by themselves, society, nation and state. Education is experiencing rapid development, characterized by the emergence of digital learning systems (Munir, 2017). In the current era, there is a need for a literacy system that can utilize digital technology to improve literacy skills or can be called digital literacy. One of the learning alternatives to improve students' digital literacy skills is by learning using digital applications or platforms. SMA Negeri 10 Malang, has adopted the use of apps as part of their education strategy. In the context of modern education, apps become an important tool to improve interaction between teachers and students, as well as facilitate self-directed learning. At SMA Negeri 10 Malang, the application of SISMANDASA has become a major focus in an effort to expand access to subject matter and increase student engagement in the learning process. This study aims to determine and analyze the acceptance of digitalization in a conceptual and empirical perspective regarding digital literacy in the SISMANDASA application. This research uses a qualitative approach with descriptive methods. The results showed that the SISMANDASA application has fulfilled the indicators of the TAM-Extened theory put forward by Fred Davis. Although it has received a positive response, both from students and teachers, there are still some obstacles that require improvement in its application. Based on the results of this study, the authors recommend improving system quality to increase user satisfaction.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052403
Uncontrolled Keywords: Penerimaan, Aplikasi, Literasi DigitaL- Acceptance, Application, Digital Literacy
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Perpustakaan
Depositing User: soegeng Moelyono
Date Deposited: 30 Jul 2024 02:38
Last Modified: 30 Jul 2024 02:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/223258
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Afifah Salsabila Pratiwi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item