Proses Pencarian Informasi Mahasiswa Difabel Dalam Rangka Memenuhi Tugas Akhir (Studi di Universitas Brawijaya)

Chaprillaputri, Sherly (2024) Proses Pencarian Informasi Mahasiswa Difabel Dalam Rangka Memenuhi Tugas Akhir (Studi di Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Informasi adalah hal yang sangat penting dalam setiap aspek kehidupan manusia. Setiap manusia memiliki kebutuhan akan informasi yang beragam dan pastinya mencari informasi tersebut berdasarkan kebutuhannya. Hal itu lah yang disebut dengan perilaku pencarian informasi. Kebutuhan dan perilaku pencarian informasi dapat timbul bagi siapa saja, kapan saja dan di mana saja tak terkecuali para difabel/penyandang disabilitas. Dalam konteks pendidikan tinggi, mahasiswa dan mahasiswa dengan difabel tak dapat lepas dari kegiatan pencarian informasi. Mereka akan mencari informasi terkait tugas-tugasnya, termasuk tugas akhir sebagai sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar. Dalam menyusun tugas akhir, proses pencarian informasi sering kali menghadapi berbagai hambatan. Hambatan yang dialami oleh mahasiswa difabel kerap kali berbeda–beda sesuai dengan ragam difabelnya. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah yang dihadapi mahasiswa difabel dalam proses pencarian informasi berdasarkan model Information Search Process oleh Kuhlthau 1991 yang terdiri atas initiation, selection, exploration, formulation, collection, dan search closure, serta menemukan cara untuk meningkatkan aksesibilitas dan dukungan yang diperlukan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif untuk menggali dan menjelaskan perilaku pencarian informasi oleh mahasiswa difabel di Universitas Brawijaya dalam menyelesaikan tugas akhir mereka. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah melalui pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa difabel telah melakukan proses pencarian informasi sesuai dengan model Information Search Process (Kuhlthau,1991). Namun, di dapatkan fakta baru bahwa pada tahap collection adalah tahap yang paling sulit karena mahasiswa difabel tetap merasa cemas, kesulitan dan kelelahan saat melakukan pencarian informasi yang spesifik. Proses pencarian informasi yang dilakukan oleh mahasiswa difabel tidak lepas dari beberapa faktor. Faktor pendukung mahasiswa difabel untuk mengerjakan tugas akhir berasal dari motivasi diri, motivasi dari orang lain dan dukungan. Faktor penghambatnya adalah hambatan dalam mencari referensi, hambatan dalam pemahaman dan penulisan serta hambatan bantuan eksternal.

English Abstract

Information is very important in every aspect of human life. Every human being has different needs for information and certainly seeks this information based on their needs. This is called information seeking behavior. Information seeking needs and behaviors can arise for anyone, anytime and anywhere, including people with disabilities. In the context of higher education, students and students with disabilities cannot be separated from information seeking activities. They will be seeking information related to their assignments, including the final project as one of the requirements for graduation. In preparing the final project, the information seeking process often faces various obstacles. The barriers experienced by students with disabilities often vary depending on the type of disability. Therefore, this study aims to identify the problems faced by students with dissabilities in the information search process based on Information Search Process by Kuhlthau 1991 which contains initiation, selection, exploration, formulation, collection, and search closure, also find out a way to improve accessibility and necessary support. The research method used in this study is descriptive qualitative to explore and explain the information search behavior of disabled students at Brawijaya University in completing their final project. The data collection techniques used were observation, interview and documentation. The data analysis technique used is through data collection, data condensation, data presentation and conclusion. The results showed that students with dissabilities carried out the information search process according to the Information Search Process (Kuhlthau, 1991). However, it is found that the most difficult stage because students with dissabilities still feel anxious, difficult, and exhauated when searching for specific information. The information seeking process of students with disabilities cannot be separated from several factors. Supporting factors for students with disabilities to do their final project come from self-motivation, motivation from others and support. The inhibiting factors are barriers to finding references, barriers to understanding and writing, and barriers to external support.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052403
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 09 Jul 2024 07:54
Last Modified: 09 Jul 2024 07:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/223248
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
herly Chaprillaputri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item