Pendekatan Humanitarian Dalam Pengelolaan Pencari Suaka Afghanistan oleh Indonesia Sebagai Negara Non-Penandatangan Konvensi 1951 Pada 2014-2019 di Jawa Timur

Wardani, Amanda Oktavia and Yusli Effendi, S.IP., M.A (2024) Pendekatan Humanitarian Dalam Pengelolaan Pencari Suaka Afghanistan oleh Indonesia Sebagai Negara Non-Penandatangan Konvensi 1951 Pada 2014-2019 di Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tulisan ini menganalisis implementasi pendekatan humanitarian terhadap pencari suaka Afghanistan oleh Pemerintah Indonesia di Jawa Timur sebagai negara non penandatangan Konvensi 1951. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan pemerintah Indonesia khususnya Jawa Timur dalam mengelola pencari suaka Afghanistan. Hasil dari penelitian ini, Jawa Timur belum sepenuhnya mengimplementasikan pendekatan humanitarian. Hal ini karena Jawa Timur belum memenuhi semua variabel dalam pendekatan humanitarian. Dalam pengelolaan pencari suaka Afghanistan, Indonesia berkoordinasi dengan UNHCR mengenai penentuan status pengungsi dan IOM untuk fasilitas yang diberikan kepada pencari suaka. Penelitian ini dengan kualitatif metode deskriptif yang fokus pada rentang waktu 2014-2019 dengan melakukan studi pustaka yang menghasilkan data sekunder dan wawancara untuk menghasilkan data primer. Penelitian ini menggunakan konsep pendekatan humanitarian. Dengan pendekatan humanitarian terdapat 2 variabel yakni norma HAM dan kebiasaaan internasional. Tulisan ini memberikan pengetahuan mengenai upaya pemerintah dalam pengelolaan pencari suaka Afghanistan meskipun belum meratifikasi konvensi 1951 dan juga adanya keterbatasan regulasi. Oleh karena itu, dengan penelitian ini diharapkan pemerintah Indonesia dapat lebih memperhatikan permasalahan pencari suaka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052411
Uncontrolled Keywords: Pencari Suaka Afghanistan, Pendekatan Humanitarian, Negara Non Penandatangan Konvensi 1951
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 29 Jul 2024 07:29
Last Modified: 29 Jul 2024 07:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/223239
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Amanda Oktavia Wardani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item