Analisis Framing Pemberitaan Terhadap Anies dan AHY Menjelang Pilpres 2024 pada Media Online Detik.com

Hendrawan, Ade and Isma Adila, S.I.Kom., M.A (2024) Analisis Framing Pemberitaan Terhadap Anies dan AHY Menjelang Pilpres 2024 pada Media Online Detik.com. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh salah satu isu yang banyak diangkat oleh media menjelang Pilpres 2024, yaitu terkait keputusan Anies untuk berpasangan dengan Muhaimin setelah sebelumnya menjalin kesepakatan dengan AHY. Keputusan tersebut menimbulkan kekecewaan sehingga membuat Partai Demokrat keluar dari koalisi pendukung Anies. Pemberitaan Detik.com terkait peristiwa ini seperti terbagi menjadi dua periodisasi, yaitu sebelum dan sesudah penentuan Cawapres Anies Baswedan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis framing pemberitaan Detik.com terhadap sosok Anies dan AHY pada kedua periode tersebut. Metode yang digunakan adalah analisis framing Pan dan Kosicki yang terdiri dari struktur sintaksis, skrip, tematik dan retoris. Hasilnya, pada periode sebelum, pembingkaian terhadap Anies cenderung positif dan berubah menjadi negatif pada periode sesudah. Sementara itu, tidak ada perubahan pembingkaian terhadap AHY pada dua periode karena selalu positif. Hasil penelitian menunjukkan adanya keberpihakan Detik.com terhadap AHY dan Partai Demokrat. Penelitian terdahulu juga menunjukkan bahwa pemberitaan Detik.com selalu sejalan dengan kepentingan Partai Demokrat, yang disebabkan oleh kedekatan pemilik Detik.com dengan partai tersebut. Kedekatan tersebut kemudian mempengaruhi pemberitaan Detik.com terhadap Anies dan AHY menjelang Pilpres 2024. Pembingkaian Detik.com yang positif dapat menjadi keuntungan bagi Anies untuk menarik suara rakyat. Sebaliknya, pembingkaian yang negatif berpotensi menurunkan elektabilitas Anies. Limitasi penelitian ini terletak pada metode analisis yang digunakan dan sumber pemberitaan yang terbatas pada dua periode waktu saja. Oleh karena itu, penelitian selanjutnya diharapkan dapat meneliti framing pemberitaan politik dengan metode analisis yang berbeda, serta mengkaji lebih lanjut terkait pemberitaan sebuah media dalam periode waktu yang berbeda.

English Abstract

This research was motivated by one of the issues that was widely raised by the media ahead of the 2024 presidential election, namely regarding Anies' decision to pair up with Muhaimin after previously establishing an agreement with AHY. This decision caused disappointment, causing the Democratic Party to leave the coalition supporting Anies. Detik.com's reporting regarding this incident seems to be divided into two periods, namely before and after the determination of the Vice Presidential Candidate, Anies Baswedan. Therefore, this research aims to analyze the framing of Detik.com's reporting on the figures of Anies and AHY in both periods. The method used is Pan and Kosicki's framing analysis which consists of syntactic, script, thematic and rhetorical structures. As a result, in the period before, the framing of Anies tended to be positive and changed to negative in the period after. Meanwhile, there was no change in the framing of AHY in the two periods because it was always positive. The research results show Detik.com's partiality towards AHY and the Democratic Party. Previous research also shows that Detik.com's reporting is always in line with the interests of the Democratic Party, which is due to the closeness of the owner of Detik.com to that party. This closeness then influenced Detik.com's coverage of Anies and AHY ahead of the 2024 presidential election. Detik.com's positive framing could be an advantage for Anies to attract people's votes. On the other hand, negative framing has the potential to reduce Anies' electability. The limitations of this research lie in the analytical method used and the news sources which are limited to only two time periods. Therefore, it is hoped that future research can examine the framing of political news using different analytical methods, as well as examine further the media's reporting in different time periods.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052411
Uncontrolled Keywords: framing, cawapres, periode sebelum, periode sesudah, Anies, AHY-framing, vice presidential candidate, period before, period after, Anies, AHY.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 29 Jul 2024 07:28
Last Modified: 29 Jul 2024 07:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/223237
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ade Hendrawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Actions (login required)

View Item View Item