Candradevi, Sonya Yustinia and Galih Panji Hardiko, S.TP., M.T (2024) Optimasi Konten Instagram Untuk Meningkatkan Engagement Rate Pada Akun @Moy.Brulee. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Engagement rate menjadi metrik penting yang mengukur tingkat interaksi pengguna dengan konten pada media sosial Instagram. Dilakukan optimasi pada akun Instagram @moy.brulee yang menjual pasta brulee, dalam meningkatkan engagement rate meskipun memiliki jumlah pengikut yang cukup banyak namun tidak adanya perkembangan berupa interaksi pada akun tersebut yang berlangsung selama satu tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengimplementasikan strategi optimasi konten Instagram yang efektif untuk meningkatkan engagement rate pada akun @moy.brulee. Optimasi dilakukan terhadap data Insight akun @moy.brulee selama 10 hari dengan 10 konten, mencakup likes, comments, share, dan saves. Data ini dibandingkan dengan konten sebelum dioptimasi mengidentifikasi pola dan strategi yang efektif. Beberapa strategi optimasi diuji, termasuk peningkatan kualitas visual yang disajikan, pemanfaatan waktu posting optimal, penggunaan hashtag relevan, dan interaksi aktif dengan audiens. Implementasi strategi optimasi menunjukkan peningkatan dalam engagement rate. Pada setiap postingan yang telah diperhitungkan sesuai peritungan engagement rate Instagram yaitu didapat kan hasil dari 0,11 ke 0,39. Saran yang dapat diberikan untuk penelitian selanjutnya yakni meningkatkan engagement rate pada akun Instagram dengan optimasi yang memanfaatkan fitur Instagram lainnya.
English Abstract
Engagement rate is an important metric that measures the level of user interaction with content on Instagram social media. Optimization was carried out on the Instagram account @moy.brulee which sells brulee paste, in increasing the engagement rate even though it has a large number of followers, but there is no development in the form of interaction on the account which lasts for one year. This study aims to identify and implement effective Instagram content optimization strategies to increase engagement rates on @moy.brulee accounts. Optimization is carried out on the Insight data of the @moy.brulee account for 10 days with 10 contents, including likes, comments, shares, and saves.This data is compared to the content before it is optimized, identifying effective patterns and strategies. Several optimization strategies were tested, including improving the quality of the visuals presented, making optimal use of post time, using relevant hashtags, and actively engaging with the audience. The implementation of optimization strategies shows an increase in engagement rates. In each post that has been calculated according to the Instagram engagement rate, the result is from 0.11 to 0.39. Suggestions that can be given for further research are to increase the engagement rate on Instagram accounts with optimizations that take advantage of other Instagram features.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 0524170331 |
Uncontrolled Keywords: | Instagram, Konten, Engagement rate-Instagram, Content, Engagement rate |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Teknologi Informasi |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 02:43 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 02:43 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/223191 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Sonya Yustinia Candradevi.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |