Tarigan, Robert Adintha and Azna Abrory Wardhana, S.H., M.H (2024) Penerapan Quick Response Code Indonesian Standard (Qris) Pada Pelaku Usaha Mikro Nasabah Bank Rakyat Indonesia Unit Junrejo. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) di kalangan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang merupakan nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI) Unit Junrejo Kota Batu. QRIS adalah standar kode QR yang diterapkan oleh Bank Indonesia untuk memfasilitasi pembayaran digital yang lebih efisien dan aman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas pelaku UMKM di Junrejo telah mengadopsi QRIS, dengan manfaat utama seperti peningkatan efisiensi transaksi, kemudahan pencatatan keuangan, dan keamanan transaksi. Namun, kendala seperti kurangnya pemahaman teknologi dan masalah koneksi internet masih menjadi tantangan. Secara keseluruhan, persepsi pelaku UMKM terhadap QRIS sangat positif, meskipun ada kekhawatiran mengenai biaya transaksi dan keamanan data. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan edukasi yang tepat dan peningkatan infrastruktur teknologi, QRIS dapat lebih luas diadopsi dan bermanfaat bagi UMKM di Kota Batu.
English Abstract
This final project aims to understand how the implementation of Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) among Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) that are customers of Bank Rakyat Indonesia (BRI) Unit Junrejo in Batu City. QRIS is a QR code standard implemented by Bank Indonesia to facilitate more efficient and secure digital payments. The research findings show that the majority of MSMEs in Junrejo have adopted QRIS, with the main benefits being increased transaction efficiency, ease of financial record-keeping, and transaction security. However, challenges such as a lack of technological understanding and internet connectivity issues still persist. Overall, MSME perceptions of QRIS are very positive, despite concerns about transaction costs and data security. The study concludes that with proper education and improvements in technological infrastructure, QRIS can be more widely adopted and beneficial for MSMEs in Batu City.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 0524170330 |
Uncontrolled Keywords: | Pembayaran Digital, UMKM-Digital Payment, MSMEs (Micro, Small, and Medium Enterprises) |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 02:43 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 02:43 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/223187 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Robert Adintha Tarigan.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |