Wardianti, Komang Yulia and Fitriana Rakhma Dhanias, SE., MSA., Ak (2024) Analisis Penggunaan Fitur Paylater MyBCA Terhadap Perilaku Implusif Gen Z Yang Bertransaksi Melalui QRIS MyBCA (Studi Kasus pada BCA KCP Kerobokan-Bali). Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Metode pembayaran Paylater kini digemari masyarakat karena memungkinkan cicilan tanpa kartu kredit dengan proses mudah. Beberapa faktor yang mendorong penggunaan Paylater termasuk kemudahan bertransaksi. Bank BCA adalah salah satu penyedia jasa keuangan yang mengadopsi strategi ini. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan penggunaan fitur Paylater myBCA terhadap perilaku impulsif Gen Z yang bertransaksi melalui QRIS myBCA, serta mengetahui pengaruh perilaku impulsif Gen Z yang menggunakan fitur Paylater BCA dalam bertransaksi. Penelitian dilakukan di Bank Central Asia, Kantor Cabang Pembantu Kerobokan, Bali. Informan adalah nasabah BCA KCP Kerobokan, khususnya pengguna Paylater aplikasi myBCA dari Generasi Z (berusia 11-26 tahun). Data kualitatif mencakup gambaran umum BCA KCP Kerobokan dan analisis perilaku impulsif pengguna Paylater BCA pada Generasi Z. Sumber data primer berasal dari wawancara dengan nasabah BCA KCP Kerobokan, sedangkan sumber data sekunder adalah hasil penelitian terkait perilaku impulsif pada pengguna Paylater di Generasi Z. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan fitur Paylater myBCA dapat mengakibatkan akumulasi utang yang tidak terkendali dan kesulitan keuangan di masa depan. Perilaku impulsif Generasi Z dalam menggunakan fitur Paylater myBCA dipicu oleh kepuasan instan, kemudahan transaksi, pengalaman pengguna yang menyenangkan, pengaruh sosial, dan persepsi terhadap utang yang berbeda. Pengaruh perilaku impulsif Generasi Z meliputi kebutuhan akan kepuasan instan, kemudahan dalam proses transaksi, pengalaman pengguna yang menarik, pengaruh sosial, dan persepsi terhadap utang yang berbeda. Untuk mengatasi pengaruh perilaku impulsif ini, penting bagi Generasi Z untuk meningkatkan kesadaran akan manajemen keuangan yang baik. Mereka perlu mengembangkan kebiasaan berpikir matang sebelum melakukan pembelian dan membuat anggaran sesuai pendapatan. Selain itu, pendidikan finansial yang inklusif dan informasi transparan tentang biaya tambahan dari penggunaan fitur Paylater BCA juga dapat membantu Generasi Z membuat keputusan yang lebih bijaksana dalam bertransaksi.
English Abstract
The Paylater payment method is now popular with the public because it allows installments without a credit card with an easy process. Several factors that encourage the use of Paylater include ease of transactions. BCA Bank is one of the financial service providers that has adopted this strategy. The aim of this research is to explain the use of the Paylater myBCA feature on the impulsive behavior of Gen Z who make transactions via QRIS myBCA, as well as to determine the influence of the impulsive behavior of Gen Z who use the Paylater BCA feature in transactions. The research was conducted at Bank Central Asia, Kerobokan Sub-Branch Office, Bali. The informants are BCA KCP Kerobokan customers, especially Paylater users of the myBCA application from Generation Z (aged 11-26 years). Qualitative data includes a general description of BCA KCP Kerobokan and analysis of the impulsive behavior of BCA Paylater users in Generation Z. The primary data source comes from interviews with BCA KCP Kerobokan customers, while the secondary data source is the result of research related to impulsive behavior in Paylater users in Generation Z. Data collection This research uses observation, interviews and documentation methods. The data analysis technique is qualitative descriptive analysis. The analysis results show that using the myBCA Paylater feature can result in uncontrolled debt accumulation and financial difficulties in the future. Generation Z's impulsive behavior in using the myBCA Paylater feature is triggered by instant gratification, ease of transactions, pleasant user experience, social influence, and different perceptions of debt. The influence of Generation Z's impulsive behavior includes the need for instant gratification, ease of transaction processing, engaging user experience, social influence, and different perceptions of debt. To overcome the influence of this impulsive behavior, it is important for Generation Z to increase awareness of good financial management. They need to develop the habit of thinking carefully before making purchases and budgeting according to their income. Apart from that, inclusive financial education and transparent information about additional costs from using the BCA Paylater feature can also help Generation Z make wiser decisions in transactions.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 0524170321 |
Divisions: | Program Vokasi > Keuangan dan Perbankan |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 02:43 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 02:43 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/223155 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Komang Yulia Wardianti.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |