Peran Tim Kreatif Kids Tv Mnc Channels Dalam Upaya Mempertahankan Program Anak Di Pertelevisian Indonesia

Melodia, Alyya Fatihah Putri and Dr. Andre Perbawa, S.Sos.,S.H,.M.I.Kom.,M.H (2024) Peran Tim Kreatif Kids Tv Mnc Channels Dalam Upaya Mempertahankan Program Anak Di Pertelevisian Indonesia. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran seorang tim kreatif Kids TV MNC Channels dalam upaya mempertahankan tayangan ramah anak di Indonesia baik itu tahap pra produksi, tahap produksi, dan tahap pasca produksi. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif yang menekankan pada aspek analisis berpikir dengan tujuan untuk menjelaskan sebuah fenomena dengan mengumpulakn data sebanyak-banyaknya sesuai fakta di lapangan, yang kemudian disajikan dalam bentuk bahasa disertai dengan laporan yang rinci. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Dari penelitian yang telah dilakukan di lapangan, didapatkan hasil: (1) Tim Kreatif memiliki peran penting dalam tahap pra produksi, produksi, maupun pasca produksi. (2) Dalam tahap pra produksi, tim kreatif berperan dalam pengembangan ide dan berkoordinasi dengan seluruh crew yang terlibat. (3) Pada tahap produksi, tim kreatif berperan besar sebagai talent dan helper, selain itu seluruh proses syuting harus mengikuti arahan dari tim kreatif dikarenakan tim kreatif yang sangat memahami isi tayangan yang akan diproduksi (4) Di tahap pasca produksi, selain menyusun laporan keuangan tim kreatif juga akan membuat naskah voice over dan meminta grafis sebagai keperluan editing. Selain itu, tim kreatif juga akan melakukan preview editing untuk memastikan apakah tayangan layak dan ramah anak anak. (5) Tim kreatif dituntut untuk mampu mengatasi tantangan atau kendala yang terjadi selama proses produksi.

English Abstract

This research aims to find out the role of the MNC Channels Kids TV creative team in efforts to maintain child-friendly shows in Indonesia, both in the preproduction stage, production stage and post-production stage. This research uses a descriptive qualitative approach method which emphasizes the analytical aspect of thinking with the aim of explaining a phenomenon by collecting as much data as possible according to the facts in the field, which is then presented in linguistic form accompanied by a detailed report. The data collection techniques used in this research are observation and documentation. From research conducted in the field, the following results were obtained: (1) The Creative Team has an important role in the pre-production, production and post-production stages. (2) In the pre-production stage, the creative team plays a role in developing ideas and coordinating with all crew involved. (3) At the production stage, the creative team plays a big role as talent and helper, apart from that the entire shooting process must follow the directions of the creative team because the creative team really understands the content of the show to be produced (4) In the post-production stage, apart from compiling financial reports, the creative team will also create a voice over script and request graphics for editing purposes. Apart from that, the creative team will also carry out preview editing to ensure whether the broadcast is appropriate and child-friendly. (5) Event directors are required to be able to overcome challenges or obstacles that occur during the production process.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0524170314
Uncontrolled Keywords: Tim Kreatif, Tayangan Ramah Anak, Kids TV-Creative Team, Child Friendly Shows, Kids TV
Divisions: Program Vokasi > D3 Teknologi Informasi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 26 Jul 2024 08:24
Last Modified: 26 Jul 2024 08:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/223129
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Alyya Fatihah Putri Melodia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item