Safitri, Husnul Ika and Prof. Dr. Ir. Abdul Wahib Muhaimin, MS. and Dr. Tri Wahyu Nugroho, SP., M.Si. (2024) Persepsi, Minat Dan Niat Generasi Muda Pada Sektor Pertanian On Farm (Studi Kasus Di Desa Jampet Kecamatan Ngasem Kabupaten Bojonegoro). Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Membina generasi muda di bidang pertanian merupakan hal yang harus dilakukan Indonesia untuk meningkatkan produktivitas sektor pertanian. Rendahnya minat generasi muda untuk berwirausaha di sektor pertanian disebabkan oleh adanya anggapan bahwa bekerja disektor pertanian tidak bergengsi dengan teknologi yang belum maju dan pendapatan yang kurang memadai. Keterbukaan informasi memberikan perspektif yang luas kepada generasi muda mengenai bagaimana mereka menyikapi dan memandang pekerjaan di sektor pertanian. Penyebab menurunnya jumlah tenaga kerja muda di sektor pertanian antara lain karena adanya citra sektor pertanian yang kurang bergengsi, berisiko tinggi, kurang memberikan rasa aman, dan rata-rata kepemilikan lahan yang sempit sehingga niat untuk bekerja di sektor pertanian pun berkurang. Hal serupa juga terjadi di Desa Jampet, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, banyak generasi muda yang lebih memilih pekerjaan lain dibandingkan bekerja di bidang pertanian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi generasi muda terhadap minat dan niat untuk bekerja di sektor pertanian, menganalisis pengaruh minat terhadap niat serta menganalisis pengaruh persepsi terhadap niat yang dimediasi oleh minat. Penelitian ini dilakukan di Desa Jampet, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Penelitian tersebut dilakukan pada bulan November-Desember 2023 dengan terdapat 100 responden yang ditentukan melalui teknik probability sampling (Simpel Random Sampling) dan dianalisis menggunakan SEM-PLS dengan WarpPLS 8.0. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan bahwa persepsi (X1) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat (Z1) sebesar 78% dan niat (Y1) sebesar 48,2% generasi muda untuk terjun pada sektor pertanian. Dimana semakin baik persepsi yang dimiliki oleh generasi muda terhadap usaha dibidang pertanian maka hal tersebut juga akan meningkatkan minat dan niat mereka pada usaha tersebut. Begitu pula dengan pengaruh minat (Z1) terhadap niat (Y1) sebesar 46%, dapat dikatakan bahwa semakin tinggi minat generasi muda untuk memiliki usaha pada sektor pertanian maka akan semakin tinggi pula niat mereka untuk melaksanakan dan mewujudkan hal tersebut. Hal tersebut juga didapatkan dari pengaruh persepsi terhadap niat yang dimediasi oleh minat sebesar 35,9%, persepsi dan pandangan yang baik mengenai sektor pertanian akan meningkatkan minat dari generasi muda untuk turun langsung pada sektor pertanian dan semakin tinggi minat tersebut maka niat untuk melaksanakannya juga akan semakin tinggi. Dengan demikian, diperlukan langkah-langkah kolaboratif dengan melibatkan berbagai pihak mulai dari akademisi, swasta atau pelaku bisnis, pemerintah, komunitas atau masyarakat dan juga media sosial untuk dapat membangun citra positif mengenai usaha di sektor pertanian. Dengan hal tersebut diharapkan mampu menciptakan persepsi yang positif dan menarik minat generasi muda pada sektor pertanian, sehingga niat generasi muda untuk menjadi pelaku usaha disektor pertanian juga meningkat.
English Abstract
Fostering the younger generation in the agricultural sector is something that Indonesia must do to increase the productivity of the agricultural sector. The young generation's low interest in entrepreneurship in the agricultural sector is due to the perception that working in the agricultural sector is not prestigious with undeveloped technology and inadequate income. Openness of information provides a broad perspective to the younger generation regarding how they respond and view work in the agricultural sector. The reasons for the decline in the number of young workers in the agricultural sector include the image of the agricultural sector as being less prestigious, high risk, lacking a sense of security, and the average land ownership is small so that the intention to work in the agricultural sector is reduced. A similar thing also happened in Jampet Village, Ngasem District, Bojonegoro Regency, where many young people prefer other jobs rather than working in agriculture. This research aims to analyze the influence of the younger generation's perceptions on their interest and intention to work in the agricultural sector, analyze the influence of interest on intention and analyze the influence of perception on intention which is mediated by interest. This research was conducted in Jampet Village, Ngasem District, Bojonegoro Regency, East Java. The research was conducted in November-December 2023 with 100 respondents determined through techniques probability sampling (Simpel Random Sampling) and analyzed using SEM-PLS with WarpPLS 8.0. Based on the research that has been conducted, it was found that perception (X1) has a significant influence on the interest (Z1) of 78% and the intention (Y1) of 48.2% of the younger generation to enter the agricultural sector. The better the perception that the younger generation has of agricultural businesses, the more their interest and intentions in this business will increase. Likewise, with the influence of interest (Z1) on intention (Y1) of 46%, it can be said that the higher the interest of the younger generation in having a business in the agricultural sector, the higher their intention to implement and make this happen. This is also obtained from the influence of perception on intention which is mediated by interest of 35.9%, good perceptions and views regarding the agricultural sector will increase the interest of the younger generation to get involved directly in the agricultural sector and the higher the interest, the greater the intention to implement it. the higher it is. Thus, collaborative steps are needed involving various parties ranging from academics, private sector or business people, government, community or society and also social media to be able to build a positive image of business in the agricultural sector. With this, it is hoped that it will be able to create a positive perception and attract the interest of the younger generation in the agricultural sector, so that the younger generation's intention to become business actors in the agricultural sector will also increase.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | 042404 |
Divisions: | S2/S3 > Magister Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 04:58 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 04:58 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/223085 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Husnul Ika Safitri.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |