Pengaruh Level Dedak Padi Sebagai Additive Dalam Pembuatan Silase Limbah Buah Okra (Abelmoschus Esculentus) Terhadap Ph, Kualitas Fisik, Dan Kandungan Nutrisi

Maulana, Firman Dhari and Dr. Ir. Marjuki, M.Sc. and Asri Nurul Huda, S.Pt., MP., M.Sc. (2023) Pengaruh Level Dedak Padi Sebagai Additive Dalam Pembuatan Silase Limbah Buah Okra (Abelmoschus Esculentus) Terhadap Ph, Kualitas Fisik, Dan Kandungan Nutrisi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pakan merupakan salah satu faktor utama dalam dunia peternakan seperti halnya ternak ruminansia. Pakan merupakan komponen produksi dengan biaya yang terbesar. Pakan ternak rumianansia selain berasal dari hijauan dan legum juga dapat memanfaatkan hasil dari limbah pertanian atau industri. Limbah industri pertanian yang dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak salah satunya adalah limbah buah okra (Abelmoschus esculentus). Limbah buah okra sebaiknya dijadikan pakan silase dikarenakan negara Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki 2 musim, musim hujan dan kemarau. Musim kemarau hijauan akan semakin sulit didapatkan, maka upaya yang harus dilakukan menggunakan pakan alternatif fermentasi (silase). salah satu bahan yang dapat digunakan menjadi silase adalah dari buah okra sebagai bahan utama, dan bahan tambahan yang berasal dari dedak padi, serta penambahan Em4. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi kandungan nutrisi dari silase okra. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai sumber literatur ilmiah bagi seluruh pihak terutama pada bidang peternakan. Silase adalah pakan yang telah diawetkan kemudian diproses dari bahan baku yang berupa tanaman hijauan dengan jumlah kadar atau kandungan air pada tingkat tertentu kemudian dimasukkan dalam sebuah wadah yang tertutup rapat dan kedap udara, yang biasa disebut dengan silo. Pakan fermentasi silase memiliki banyak sekali manfaat dan keunggulan, diantaranya adalah menghemat waktu untuk mencari rumput karena pakan fermentasi ini dapat disimpan dan bisa dibuat dengan jumlah yang banyak sehingga peternak tidak perlu setiap hari mencari rumput. Manfaat Silase: 1) menambah masa simpan, 2) memberikan nutrisi lebih, 3) dapat menjadi pakan cadangan saat musim panas, dan disukai ternak. Penelitian dilakukan di Laboratorium Nutrisi dan Pakan Ternak Universitas Brawijaya Malang Jl. Veteran, Ketawanggede, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur. Penelitian silase okra akan menggunakan metode percobaan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan yang diberikan adalah perbandinga takaran berat dari tiap substrat buah okra dan dedak padi dalam proses pembuatan silase. Pengamatan yang dilakukan terhadap silase okra meliputi, pH, Uji kualitas Fisik, Uji kandungan nutrisi. Uji yang akan digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis data Rancangan Acak Lengkap (RAL), dan jika terdapat pengaruh pada hasil uji akan dilanjutkan menggunakan analisi data uji berjarak Duncan, BNT, dan BNJ sesuai hasil yang diperoleh.

English Abstract

Okra (Abelmoschus esculentus) is a vegetable that is often found in subtropical and tropical areas. Okra can be used as ruminant feed. This study aims to analyze and evaluate the nutritional content of okra (Abelmoschus esculentus) silage using a Completely Randomized Design (CRD) regarding nutritional content, PH levels and physical quality, with the addition of rice bran as an additional ingredient. The results showed that okra waste silage had a significant effect (P>0.05) on Crude Fiber 11,44 d + 0,29 and Crude Protein 17,61 c + 0,59 and was not significantly different on Organic Material 81,37b + 0,25 and Dry Matter 22,04 c + 0,47. Low levels of rice bran as an additive influence the results of pH levels and physical quality: aroma, color and texture. Okra waste silage has a fairly high protein content as a ruminant feed source but still lacks fiber content as the main source of ruminant feed.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052405
Uncontrolled Keywords: Abelmoschus esculentus, okra, pakan, ruminansia, silase-Abelmoschus esculentus, feed, okra, ruminant, silage
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 13 Aug 2024 04:32
Last Modified: 13 Aug 2024 04:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/223083
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Firman Dhari Maulana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item