Pratama, Rafli Adhi and Sinta Swastikara, S.I. Kom., M.I. Kom (2024) Analisis Perilaku Komunikasi Terhadap Pemain Gacha Dalam Video Game Genshin Impact di Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Game of Chance (Gacha), merupakan suatu permainan yang mengandalkan keberuntungan dari seorang pemain untuk mendapatkan suatu hadiah. Mengikuti perkembangannya zaman, kini gacha menjadi salah satu fitur yang hadir dalam game, sebagai salah satu upaya pihak pengembang game untuk mendapatkan penghasilan. Di sisi lain perjudian mempunyai definisi sebagai permainan yang memungkinkan pemainnya mendapatkan sebuah keuntungan yang berketergantungan pada peruntungan milik pemain, hal ini sebagaimana yang telah disebutkan dalam Pasal 303 ayat (3) KUHP. Melalui pasal ini, tertera jelas bahwa aktivitas perjudian dilarang dalam berbentuk apapun. Meski memiliki unsur yang sama, gacha sendiri masih memiliki hukum yang kurang jelas di Indonesia sendiri. Hal tersebut yang mendasari ketertarikan penulis dalam melakukan penelitian terkait Game of Chance, adapun fokus dari penelitian yang telah dilakukan berfokus pada perilaku komunikasi pemain gacha pada game Genshin Impact. Penelitan yang telah digunakan menggunakan teknik analisis data oleh Miles, Huberman, dan Saldana, dengan teknik pengambilan data melalui wawancara mendalam, serta observasi partisipan. Adapun hasil dari penelitian yang telah dilakukan terkait perubahan perilaku komunikasi pemain gacha pada Genshin Impact memiliki hasil yang merujuk pada adanya perubahan perilaku komunikasi yang berbeda pada tiap - tiap narasumber yang disebabkan oleh tiap narasumber yang mengalami pengalaman yang berbeda dalam menggunakan fitur gacha pada game Genshin Impact. Selain itu, penulis juga melakukan penelitian pada peran media dalam memfasilitasi perilaku komunikasi pemain Genshin Impact di Indonesia. Dengan hasil, adanya peran pendukung dari media dalam memfasilitasi perilaku komunikasi pemain. Hal ini disebabkan oleh "kekayaan" dari suatu media dalam memfasilitasi interaksi antar pemain, di mana sosial media menyediakan tempat diskusi bagi para pemain untuk berinteraksi antara satu dengan lainnya.
English Abstract
Game of Chance (Gacha), which refers to a game that relies on the fortune of the player to obtain a reward. Following the development of the times, gacha is now one of the features present in the game, as one of the efforts made by game developers to gain income. On the other hand, gambling has a definition as a game that allows players to get a profit that depends on the player's luck, as stated in Article 303 paragraph (3) of the Criminal Code. Through this article, it is clear that gambling activities are prohibited in any of its forms. Despite having the same elements, gacha itself still has unclear laws in Indonesia. This is what underlies the author's interest in conducting research related to the Game of Chance, while the focus of the research that has been conducted focuses on the communication behavior of gacha players in the Genshin Impact game. The researchers used data analysis techniques by Miles, Huberman, and Saldana, with data collection techniques through indepth interviews, and participant observationThe results of the research that has been conducted related to the changing communication behavior of gacha players in Genshin Impact have results that lead to different behavior changes in communication in each informant caused by each informant experiencing different experiences in using the gacha feature in the Genshin Impact. In addition, the author also conducted research on the role of the media in facilitating the communication behavior of Genshin Impact players in Indonesia. With the results, there is a supporting role of the media in facilitating player communication behavior. This is due to the "richness" of a media in facilitating interaction between players, where social media provides a discussion place for players to interact with each other.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052411 |
Uncontrolled Keywords: | Perilaku Komunikasi, Gacha, Genshin Impact, Game Studies, Media Richness-Communication Behaviour, Gacha, Genshin Impact, Game Studies, Media Richness. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 26 Jul 2024 02:41 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 02:41 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/223051 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rafli Adhi Pratama.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |