Analisis Branding DPC PDI-P Kota Terhadap Masyarakat Yogyakarta dalam Menghadapi Pemilu 2024

Utomo, Mohammad Reynaldo Satrio and Dr. George. T. Ikbal Tawakkal, M.Si (2024) Analisis Branding DPC PDI-P Kota Terhadap Masyarakat Yogyakarta dalam Menghadapi Pemilu 2024. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai implementasi branding dalam menghadapi Pemilihan Umum oleh DPC PDI-P Kota Yogyakarta yang dilakukan kepada masyarakat kota Yogyakarta dalam bentuk program partai serta kampanye politik. Penelitian dilakukan di Kota Yogyakarta Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dimana penerapan branding ini dilaksanakan dalam menghadapi pemilihan umum 2024 di Kota Yogyakarta. Apabila dilihat dari tahun ke tahun jumlah suara yang diperoleh bukan berkurang namun justru semakin bertambah, pelaksnaan kampanye yang dilakukan dengan cukup masif serta penanaman hegemoni yang cukup kuat dalam tataran akar rumput menjadi fenomena menarik untuk diteliti lebih lanjut. Maka setelah melihat fenomena di atas dapat dikatakan terdapat kelebihan dan keunggulan dalam proses implementasi branding partai ini. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa fenomena dalam implementasi branding yang dilakukan oleh DPC PDI-P Kota Yogyakarta adalah perencanaan yang dilakukan dengan mengakar secara langsung. Hal ini kemudia diiringi dengan strategi yang cukup baik dalam tataran masyarakat. Kemudian penerimaan oleh masyarakat yang menjadi poin penting dalam penelitian ini, untuk dapat melihat sejauh mana masyarakat simpati terhadap branding yang telah dilaksnakan. Semua fenomena di atas mengerucut pada tercapainya branding DPC PDI-P Kota Yogyakarta yaitu untuk mendapatkan suara banyak dalam kontestasi pemilihan umum serta simpati masyarakat terhadap partai.

English Abstract

This research discusses the implementation of branding in facing the General Election by DPC PDI-P Yogyakarta City conducted towards the people of Yogyakarta city in the form of party programs and political campaigns. The research was conducted in Yogyakarta City, Yogyakarta Special Region Province, where the application of this branding was carried out in facing the 2024 general election in Yogyakarta City. When viewed from year to year, the number of votes obtained not only did not decrease but actually increased, the massive campaign implementation, and the strong hegemony establishment at the grassroots level become interesting phenomena to be further studied. Therefore, after observing the above phenomena, it can be said that there are advantages and strengths in the implementation process of this party branding The research results show that the phenomenon in the implementation of branding carried out by DPC PDI-P Yogyakarta City is planning carried out directly at the grassroots level. This is then accompanied by a fairly good strategy at the community level. Then, the acceptance by the public becomes a crucial point in this study, to see to what extent the public sympathizes with the branding that has been implemented. All the above phenomena converge on the achievement of DPC PDI-P Yogyakarta City branding, which is to gain many votes in the general election contestation and the sympathy of the public towards the party.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052411
Uncontrolled Keywords: Branding, Partai Politik, Pemilihan Umum,Kota Yogyakarta-Branding, Political Parties, General Elections, Kota Yogyakarta
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 26 Jul 2024 02:41
Last Modified: 26 Jul 2024 02:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/223041
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
MOHAMMAD REYNALDO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item