Pengaruh Penggunaan Bungkil Kacang Tanah Sebagai Substitusi Bungkil Kedelai Dalam Pakan Terhadap Karkas Dan Lemak Abdominal Puyuh Jantan

Purnomo, Hadi and Dr. Ir. Irfan H.D, M.Sc., IPM., ASEAN (2024) Pengaruh Penggunaan Bungkil Kacang Tanah Sebagai Substitusi Bungkil Kedelai Dalam Pakan Terhadap Karkas Dan Lemak Abdominal Puyuh Jantan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Usaha pertanian di Indonesia saat ini mengalami perkembangan yang cukup pesat. Salah satu komoditi pertanian yang banyak dikembangkan di berbagai negara termasuk Indonesia ialah berupa tanaman kacang - kacangan. Kacang tanah merupakan salah satu jenis tanaman kacang yang memiliki banyak manfaat dan dapat dimanfaatkan dalam berbagai jenis produk olahan. Salah satu pengolahan utama dari kacang tanah adalah untuk diambil minyaknya. Proses ini melibatkan pengepresan kacang tanah yang telah dikupas untuk menghasilkan minyak kacang tanah. Hasil dari pengepresan tersebut akan menyisakan ampas yang biasa kita kenal dengan sebutan bungkil kacang tanah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan bungkil kacang tanah sebagai substitusi bungkil kedelai dalam pakan terhadap karkas, bagian - bagian karkas dan lemak abdominal pada puyuh jantan. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui persentase terbaik dalam penggunaan bungkil kedelai dan bungkil kacang tanah dalam pakan terhadap karkas, bagian - bagian karkas serta lemak abdominal pada puyuh jantan. Materi pada penelitian ini menggunakan puyuh jantan (Coturnix - coturnix japonica) sebanyak 200 ekor. Rataan dari bobot badan yang digunakan dalam penelitian ini berkisar 71,94 ± 5,58 g/ekor dengan koefisien keragaman sebesar 8%. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa percobaan lapang dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan 5 ulangan dan masing - masing terdiri dari 10 ekor. Perlakuan yang diberikan yaitu P0 = pakan kontrol, P1 = pakan dengan penambahan BKT 5% BKK, P2 = pakan dengan penambahan BKT 10% BKK, P3 = pakan dengan penambahan BKT 15% BKK. Variabel yang diamati pada penelitian ini adalah persentase karkas beserta masing - masing bagian (dada, paha, sayap) dan lemak abdominal. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis varian dari Rancangan Acak Lengkap (RAL). kemudian dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan’s (UJBD) apabila terdapat pengaruh nyata.

English Abstract

The purpose of this research was to determine the effect of using peanut meal in feed on carcass percentage, percentage of carcass parts and abdominal fat in male quails. This research used 200 male quails (Coturnix - coturnix japonica). The method used in this research was a field experiment with a completely randomized design (CRD) with 4 treatments and 5 replications. The treatments given were P0 = feed control, P1 = feed with 5% BKT added, P2 = feed with 10% BKT added, P3 = feed with 15% BKT added. The variables observed in this research were the percentage of carcass part (breast, thigh, wing) and the percentage of abdominal fat. Data were analyzed using analysis of variance from a completely randomized design (CRD), followed by Duncan's Multiple Range Test (UJBD). The results showed that the use of peanut meal did not give a significant effect (P > 0.05) on the percentage of carcass and abdominal fat. The conclusion of this research is that peanut meal can be used as a substitute for soybean meal because it gives the same effect on male quail.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524050491
Uncontrolled Keywords: carcass, groundnut meal, male quail
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 13 Aug 2024 04:29
Last Modified: 13 Aug 2024 04:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/223027
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
HADI PURNOMO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item