Primanita, Adinda and Wifka Rahma Syauki, S.I.Kom, M.Si. (2024) Analisis Wacana Kritis Pesan Subliminal Pada Iklan Susu Formula Pertumbuhan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini menganalisis bagaimana elemen-elemen dalam iklan susu formula pertumbuhan anak Dancow Advanced Excelnutri+ #IyaBoleh membentuk pesan subliminal menggunakan metodologi kualitatif dengan metode analisis wacana kritis Norman Fairclough. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dancow menggunakan elemen visual dan audio untuk membentuk pesan subliminal melalui representasi yang menarik perhatian target pasar mereka, yakni orang tua yang merupakan generasi milenial sebagai customer dan anak yang merupakan generasi alpha sebagai consumer. Melalui konstruksi-konstruksi dalam iklan menunjukkan bahwa iklan ini menggunakan penyisipan pesan subliminal embedding dan tachistoscopic display serta termasuk pada jenis iklan transfer. Melalui bahasa informal, iklan ini mencoba membentuk hubungan akrab antara merek dan konsumen. Selain itu, iklan ini juga mencerminkan pola asuh demokratis yang banyak diterapkan oleh orang tua di Indonesia
English Abstract
This research analyze how elements in the Dancow Advanced Excelnutri+ #IyaBoleh advertisement form subliminal messages using qualitative methodology with Norman Fairclough’s critical discourse analysis method. The results show that Dancow uses visual and audio elements to form subliminal messages through representations that attract the attention of their market, namely millennial parents as customers and alpha generation children as consumers. Through constructions in the advertisement, it is shown that this advertisement uses subliminal messages embedding and tachistoscopic display as well as falls into the category of transfer advertisements. Through informal language, the advertisement attempts to form a familiar relationship between the brand and customer. Additionally, the advertisement also reflects the democratic parenting pattern commonly practiced by parents in Indonesia.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052411 |
Uncontrolled Keywords: | Iklan, Pesan Subliminal, Anak, Analisis wacana kritis-Advertisement, Subliminal Messages, Children, Critical discourse analysis |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 08:44 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 08:44 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/223023 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Adinda Primanita.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |