Akhmad, Zidni Husna and Karisma Sri Rahayu,, S.S.T., MAB, (2024) Optimalisasi Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Tiktok pada Akun @pmd.id_ Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Merek (Studi Kasus pada Organisasi Perempuan Masa Depan Indonesia). Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan digital yang pesat menjadikan media sosial sebagai salah satu alat utama dalam berkomunikasi, media sosial mampu mengirim pesan jarak jauh baik melalui teks, video, maupun pesan suara. Aplikasi TikTok menjadi salah satu media sosial yang populer di Indonesia saat ini. Kepopuleran TikTok banyak dimanfaatkan perusahaan maupun organisasi dalam mendukung proses pemasaran mereka, salah satunya yaitu Organisasi Perempuan Masa Depan Indonesia atau PMD.ID. Namun, dalam pelaksanaanya PMD.ID masih mengalami beberapa kendala seperti impresi audiens cukup rendah, upload konten tidak terjadwal, dan konten yang masih mirroring dari media sosial lain. Kendala tersebut berlawanan dengan tujuan PMD.ID dalam memasarkan merek mereka. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengoptimalkan akun TikTok PMD.ID dalam mencapai brand awareness. Tugas akhir ini merupakan pembaruan dari informasi yang telah dikumpulkan sebelumnya yang dapat digunakan dalam menentukan strategi pemasaran. Metode tugas akhir ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan bersama tiga narasumber dari pihak internal PMD.ID yang terdiri dari founder, head of creative marketing, dan manager of creative marketing yang terjun langsung dalam mengatur konten-konten di sosial media TikTok sehingga persepsi yang diberikan cukup jelas. Pelaksanaan optimalisasi didasarkan pada tiga tahapan yang terdiri dari pra-produksi, produksi, dan pascaproduksi. Hasilnya menunjukan bahwa mengikuti trend, konten yang bervariasi, penggunaan hashtag yang relevan dan konsisten dalam memposting konten dapat meningkatkan brand awareness suatu organisasi atau perusahaan. Hasil tersebut dibuktikan dari impresi akun TikTok yang meningkat setelah penerapan strategi. Diharapkan pihak PMD.ID dapat mempertahankan dan meningkatkan hasil tersebut dengan mengikuti membuat jadwal rutin dalam mengunggah konten dan mengikuti alur tren tiktok untuk menjangkau audiens yang lebih luas serta membangun kepercayaan jangka panjang.
English Abstract
Rapid digital development makes social media of the main tools in communication, social media able to send long-distance messages either through text, video, or voice messages. The TikTok application is one of the most popular social media Indonesia today. The popularity of TikTok is widely used by companies and organizations in supporting their marketing process, one of which is Perempuan Masa Depan Indonesia or PMD.ID. However, in its implementation, PMD.ID still experiences several obstacles such as quite low audience impressions, unscheduled content uploads, and content that is still mirroring other social media. These obstacles are contrary to PMD.ID's goals in marketing their brand. This final project aims to optimize PMD.ID's TikTok account in achieving brand awareness. This final project is an update of previously collected information that can be used in determining marketing strategies. This final project method uses a descriptive qualitative approach with data collection techniques through interviews and documentation. Interviews were conducted with three resource persons from PMD.ID's internal parties consisting of the founder, head of creative marketing, and manager of creative marketing who were directly involved in managing content on TikTok social media that the perceptions given were quite clear. The implementation of optimization is based on three stages consisting of pre-production, production, and postproduction. The results show that following trends, varied content, using relevant hashtags and being consistent in posting content can increase brand awareness of an organization or company. The results are evidenced by the increased impressions of the TikTok account after the implementation of the strategy. It is hoped that PMD.ID can maintain and improve these results by following a regular schedule in uploading content and following the flow of TikTok trends to reach a wider audience and build long-term trust.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 0524170310 |
Uncontrolled Keywords: | strategi pemasaran, brand awareness, optimalisasi TikTok-marketing strategy, brand awareness, TikTok optimization |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 03:11 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 03:11 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/222982 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Zidni Husnaa.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |