Kualitas Komunikasi Guru Dan Siswa Berdasarkan Prinsip Kerjasama Dalam Konteks Keagamaan: Studi Pragmatik

Novitasari, Meisya and Dr. Lilik Wahyuni, M.Pd. (2024) Kualitas Komunikasi Guru Dan Siswa Berdasarkan Prinsip Kerjasama Dalam Konteks Keagamaan: Studi Pragmatik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Komunikasi di dalam kelas mempunyai peranan yang sangat penting karena terjadi proses dimana seorang guru mentransfer ilmu pengetahuan dan aspek pendidikan lainnya kepada siswa. Apabila prinsip kerjasama dilanggar, maka komunikasi tersebut akan menjadi kontraproduktif dan tidak sesuai dengan tujuan awalnya. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran obyektif tentang kualitas komunikasi berdasarkan pemenuhan dan penyimpangan prinsip kerjasama komunikasi guru dan siswa dalam konteks keagamaan di SMP Shalahuddin. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan pencatatan. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah terdapat pemenuhan prinsip kerjasama berupa maksim kuantitas, maksim kualitas, maksim metode, dan maksim relevansi, serta penyimpangan terhadap prinsip kerjasama. berupa maksim kuantitas, maksim kualitas, maksim metode, dan maksim relevansi dalam konteks keagamaan di SMP Shalahuddin.

English Abstract

Communication in the classroom has a very important role because there is a process by which a teacher transfers knowledge and other aspects of education to students. If the principle of cooperation is violated, then the communication will be counterproductive and not in accordance with its initial purpose. This research aims to obtain an objective picture of the quality of communication based on the fulfillment and deviation of the principle of cooperation in teacher and student communication in a religious context at Shalahuddin Middle School. This research is descriptive research using a qualitative approach. The data collection techniques used were observation and note taking. The data analysis techniques used are data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this research are that there is a fulfillment of the principles of cooperation in the form of the maxim of quantity, the maxim of quality, the maxim of method, and the maxim of relevance, as well as deviations from the principles of cooperation in the form of the maxim of quantity, the maxim of quality, the maxim of method, and the maxim of relevance in the religious context at Shalahuddin Middle School.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052412
Uncontrolled Keywords: Komunikasi; Prinsip kerjasama; Pragmatis; Maksim.
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 24 Jul 2024 05:57
Last Modified: 24 Jul 2024 05:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/222972
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Meisya Novitasari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item