Amaral, Lola Diaz and Rachma Bhakti Utami, S.E., M.AB (2024) Analisis Penggunaan Aplikasi Manajemen Surat (Ams) Dalam Menunjang Pengelolaan Korespondensi Digital Pada Pt Pln Batam Unit Bisnis Distribusi Dan Pelayanan Pelanggan (Ubdisyan). Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan teknologi digital yang pesat dapat dimanfaatkan dalam melakukan pekerjaan pada sebuah perusahaan. Tidak terkecuali PT PLN Batam Unit Bisnis Distribusi dan Pelayanan Pelanggan merupakan badan usaha milik negara yang bergerak di bidang ketenagalistrikan, yang memanfaatkan teknologi digital dalam pelaksanaan pekerjaannya. Salah satunya yaitu Aplikasi Manajemen Surat (AMS) sebagai aplikasi yang berguna untuk pengelolaan surat menyurat. Setiap perusahaan memiliki prosedur pengelolaan surat menyuratnya. Begitu juga pada PT PLN Batam UBDISYAN yang menggunakan AMS untuk kegiatan pengelolaan surat menyurat. Pada AMS terdapat tahapan-tahapan dalam pengelolaan surat menyurat baik surat masuk maupun surat keluar. Penelitian ini menggunakan teori TAM (Technology Accepatance Model) untuk menganalisis aplikasi AMS dalam pengelolaan korespondensi digital. Penelitian dilakukan menggunakan metode deskritif kualitatif dengan melakukan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian memperoleh bahwa dalam pelaksanaan pengelolaan surat menyurat menggunakan AMS masih terdapat kendala seperti jaringan server down, aplikasi tidak bisa multi user, tidak ada fitur untuk disposisi surat masuk, dan tidak fitur penandatangan untuk atasan. Saran yang dapat diberikan yaitu, perlu adanya evaluasi terhadap aplikasinya secara priodik. Sehingga dapat melakukan perbaikan atas masalah yang terjadi pada AMS. Aplikasi AMS perlu diupgrade website agar tidak server website tidak down bila diakses dengan banyak user dan juga AMS dapat digunakan secara multi user.
English Abstract
The rapid development of digital technology can be utilized in carrying out work in a company. PT PLN Batam, the Distribution and Customer Service Business Unit, is no exception, a state-owned company operating in the electricity sector, which utilizes digital technology in carrying out its work. One of them is the Mail Management Application (AMS) as a useful application for managing correspondence. Every company has procedures for managing its correspondence, likewise at PT PLN Batam UBDISYAN uses AMS for correspondence management activities. In AMS there are stages in managing correspondence, both incoming and outgoing letters. This research uses the TAM (Technology Acceleration Model) theory to analyze the AMS application in managing digital correspondence. The research was conducted using a qualitative descriptive method by carrying out data collection techniques in the form of observation, interviews, and documentation. The research results showed that in implementing correspondence management using AMS there were still problems such as the server network being down, the application not being able to be multiuser, there being no feature for disposition of incoming mail, and no signing feature for superiors. Suggestions that can be given are that there needs to be periodic evaluation of the application. So you can fix problems that occur with AMS. The AMS application needs to be upgraded on the website so that the website server doesn't go down when accessed by many users and AMS can also be used by multiple users.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 0524170293 |
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan Surat, Aplikasi Manajemen Surat, Tehcnology Acceptance Mode-Mail Management, Mail Management Application, Technology Acceptance Model |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 03:02 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 03:02 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/222930 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Lola Diaz Amaral.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |