Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Susu UHT (Ultra High Temperature) di Kota Kediri

Dwitami, Sindri and Anie Eka Kusumastuti, S.Pt., MP., M.Sc. (2024) Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Susu UHT (Ultra High Temperature) di Kota Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sapi perah merupakan salah satu ternak ruminansia yang mempunyai kontribusi tersebar penghasil susu. Susu sapi termasuk bahan makanan yang bersifat mudah rusak (perishable), oleh karena itu, diperlukannya penanganan lebih lanjut terhadap susu segar guna meminimalisir kerusakan gizi dan daya simpan susu. Susu UHT (Ultra High Temperature) adalah proses pensterilan susu dengan suhu 1350-1400C dalam waktu 2-5 detik. Susu UHT mengandung gizi yang baik bagi tubuh. Produk susu UHT tersedia berbagai jenis merek, harga, ukuran kemasan, dan varian rasa yang beredar di pasaran. Penelitian membahas tentang analisis preferensi konsumen terhadap keputusan pembelian produk susu UHT di Kota Kediri. Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis karakteristik konsumen terhadap pembelian produk di Kota Kediri dan menganalisis preferensi konsumen terhadap pembelian produk susu UHT di Kota Kediri dilihat dari 4P bauran pemasaran. Penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive sampling di lima pasar modern yang tersebar di Kota Kediri yaitu, Superindo, Golden Swalayan, Samudera Supermarket, Transmart, dan Hypermart yang dilaksanakan pada bulan Desember 2023-Januari 2024. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah metode accidental sampling sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara kuesioner terstuktur, dan dokumentasi. Data analisis menggunakan metode Cochran Q Test dengan menggunakan alat bantu aplikasi IMB SPSS versi 25. Variabel penelitian yang diukur adalah 4P bauran pemasaran yaitu Produk, Price, Place, dan Promotion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa preferensi pembelian susu UHT di Kota Kediri didominasi oleh perempuan sebanyak 62% dan laki-laki 38%. Mayoritas responden berusia 17-25 tahun (41%), dengan tingkat pendidikan D4/S1 sederajat (45%) dengan status pekerjaan sebagai mahasiswa/i dan ibu rumah tangga (27%), memiliki pendapatan rata-rata perbulan sebesar Rp.2.000.001-Rp.3.000.000 (26%). Mayoritas responden memilih merek Ultra Milk (57%) sebagai produk susu UHT yang sering dibeli dengan ukuran kemasan sedang 200-250 ml (52%) dengan rata-rata jumlah pembelian dalam sebulan sebanyak 1-3 pcs produk susu UHT. Berdasarkan uji Cochran Q dapat diketahui bahwa ke empat variabel memiliki nilai Qhitung < Qtabel, sehingga preferensi konsumen produk susu UHT terhadap bauran pemasaran secara keseluruhan sangat berpengaruh terhadap keputusan pembelian susu UHT di Kota Kediri. Kesimpulan dari penelitian adalah preferensi konsumen produk susu UHT terhadap bauran pemasaran secara keseluruhan sangat berpengaruh terhadap keputusan pembelian susu UHT di Kota Kediri, dari atribut yang diprioritaskan hingga kurang diprioritaskan berturutturut adalah harga, promosi, produk, dan tempat. Disarankan untuk penelitian selanjutnya agar menambahkan variabel faktor eksternal yang berpengaruh lainnya terhadap pembelian produk susu UHT seperti psikologis, kebudayaan, dan kepribadian ataupun menggunakan teori 7P bauran pemasaran lainnya yaitu (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, and Physical Evidence).

English Abstract

Milk is a perishable food item. Therefore, further processing is needed to maintain the shelf life and quality of the product. Ultra High Temperature milk is a process of sterilizing milk with a temperature of 135o-145oC within 2-5 seconds This research was conducted in December 2023 in 5 modern market locations spread across Kediri City, namely: Superindo, Golden Swalayan, Samudera Supermarket, Transmart, and Hypermart. The purpose of this study is to analyze consumer characteristics of purchasing UHT milk products in Kediri City, and analyze consumer preferences for purchasing UHT milk products in Kediri City seen from the 4P marketing mix. The sampling method used is the accidental sampling method or determining the sample with the criteria of buying UHT milk. Data analysis used using the Cochran q method with a total of 100 respondents with 4P marketing mix research variables (Product, Price, Place, and Promotion). The results showed that the characteristics of purchasing UHT milk in Kediri City were dominated by women with an age range of 17-25 years, with an education level of S1 with an average employment status of students and housewives with an average monthly income of IDR 2,000,001 – IDR 3,000,000 Consumer preferences for UHT milk products on the marketing mix as a whole are very influential on purchasing decisions for UHT milk in Kediri City, ranging from highly considered to less considered, namely price, promotion, product, and place.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052405
Uncontrolled Keywords: 4P of marketing mix, consumer preferences, pasteurised milk, UHT
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 12 Aug 2024 04:46
Last Modified: 12 Aug 2024 04:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/222929
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Sindri Dwitami.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item