Strategi Pemasaran Produk Qris Pt. Bank Rakyat Indonesia, Tbk Kantor Unit Dinoyo

Primanto, Hussein and Azna Abrory Wardana, S.H., M.H (2024) Strategi Pemasaran Produk Qris Pt. Bank Rakyat Indonesia, Tbk Kantor Unit Dinoyo. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di masa ini, Indonesia sudah memasuki era digitalisasi yang mengalami beragam perubahan dalam segala aspek. Tentu saja, seluruh bidang memanfaatkan teknologi yang tersedia. Salah satunya adalah bidang keuangan, metode pembayaran yang sebelumnya menggunakan uang tunai kini dapat dilakukan secara non-tunai, dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Munculnya QRIS memudahkan pelaku usaha dan konsumen dalam bertransaksi. Namun, masih ada beberapa pelaku usaha yang masih awam dengan kegunaan dan manfaat QRIS. Oleh karena itu, setiap perusahaan perlu memiliki strategi masing-masing dalam memasarkan produk QRIS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran, hambatan dan upaya yang dilakukan PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk Kantor Unit Dinoyo. Metode yang digunakan dalam penulisan tugas akhir ini adalah kualitatif deskriptif dengan penelitian lapangan (field research). Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil peneletian ini diketahui bahwa : 1. Strategi pemasaran PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk Kantor Unit Dinoyo adalah dengan penerapan strategi bauran pemasaran 4P yaitu Product (Produk), Price (Harga), Place (Tempat), Promotion (Promosi). 2. Upaya dalam meningkatkan minat produk QRIS dengan meningkatkan kesadaran pelaku usaha tentang penggunaan dan manfaat QRIS, dalam penerepannya adalah dengan meningkatkan edukasi dan sosialiasi kepada pelaku usaha.

English Abstract

At present, Indonesia has entered the era of digitalization, which has experienced various changes in all aspects. Of course, all fields utilize the available technology. One of them is the financial sector, payment methods that previously used cash can now be done non-cash, by utilizing existing technology. The emergence of QRIS makes it easier for businesses and consumers to make transactions. However, there are still some business actors who are still unfamiliar with the uses and benefits of QRIS. Therefore, each company needs to have its own strategy in marketing QRIS products. The purpose of this research is to find out the marketing strategies, obstacles and efforts made by PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk Dinoyo Unit Office. The method used in writing this final project is descriptive qualitative with field research. With data collection techniques through observation, interviews, and documentation. From the results of this research it is known that: 1. The marketing strategy of PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk Dinoyo Unit Office in increasing interest in QRIS products is to implement the 4P marketing mix strategy, namely Product, Price, Place, Promotion. 2. Efforts to increase interest in QRIS products by increasing the awareness of business actors about the use and benefits of QRIS, in its implementation is to increase education. implementation is to increase education and socialization to business actors.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0524170289
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran 4P, QRIS-Marketing Strategy, 4P Marketing Mix, QRIS
Divisions: Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 24 Jul 2024 03:02
Last Modified: 24 Jul 2024 03:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/222920
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Hussein Primanto.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item