Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada SMP N 3 Bojonegoro)

Ula, Lailatul Nur and Dr., Bambang Santoso H, M.S and Rendra Eko Wismanu, S.AP., M.AP (2024) Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada SMP N 3 Bojonegoro). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada tanggal 24 Maret 2020 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengeluarkan PERMENDIKBUD Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease yang menjelasakan tentang proses belajar mengajar dilaksanakan secara jarak jauh atau daring dari rumah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif yang menggunakan desain asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dengan metode deskriptif asosiatif ini bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan pada pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa di SMP N 3 Bojonegoro dengan jumlah sampel 77 siswa. Hasil penelitian ini adalah (1) secara simultan, diterimanya Ha yaitu terdapat Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Siswa SMP N 3 Bojonegoro pada masa pandemi Covid-19 yang dibuktikan dengan nilai F hitung sebesar 61,139 > F tabel sebesar 3,96 dan nilai signifikansi 0, 000 < 0,05; (2) Secara parsial, diterimanya Ha yaitu terdapat Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Siswa SMP N 3 Bojonegoro pada masa pandemi Covid-19 yang dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 7,819 > t tabel sebesar 1,99210 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05; (3) Nilai koefisien korelasi sebesar 0,679 yang artinya pembelajaran daring menunjukkan hubungan yang kuat dengan hasil belajar dan nilai Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka mempunyai hubungan yang positif dan signifikan.

English Abstract

On March 24, 2020 the Minister of Education and Culture of the Republic of Indonesia issued PERMENDIKBUD Number 4 of 2020 concerning the Implementation of Education Policies in the Emergency Period of the Spread of Coronavirus Disease which explains the teaching and learning process carried out remotely or online from home.This research uses a descriptive type of research that uses an associative design with a quantitative approach. Research with this associative descriptive method aims to find whether there is a relationship between online learning and student learning outcomes at SMP N 3 Bojonegoro with a sample size of 77 students.The results of this study are (1) simultaneously, the acceptance of Ha, namely there is an Effect of Online Learning on Student Learning Outcomes of SMP N 3 Bojonegoro during the Covid-19 pandemic as evidenced by the calculated F value of 61.139> F table of 3.96 and a significance value of 0, 000 <0.05; (2) Partially, Ha is accepted, namely that there is an Effect of Online Learning on Student Learning Outcomes at SMP N 3 Bojonegoro during the Covid- 19 pandemic as evidenced by the t value of 7.819> t table of 1.99210 and a significance value of 0.000 <0.05; (3) The correlation coefficient value is 0.679, which means that online learning shows a strong relationship with learning outcomes and the Sig (2-tailed) value is 0.000 <0.05, so it has a positive and significant relationship.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052403
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Pembelajaran Daring, Hasil Belajar Siswa, Covid-19 - Effect of Online Learning, Student Learning Outcomes, Covid-19
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 08 Aug 2024 04:43
Last Modified: 08 Aug 2024 04:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/222695
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Lailatul Nur Ula.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item