Robinson, Welina and Lintang Edityastono, S.AB., M.AB (2024) Implementasi Swot Pada UMKM UD Multi Best Dalam Rangka Menentukan Strategi Pemasaran. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Implementasi SWOT adalah teknik yang digunakan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman untuk bisnis atau bahkan proyek tertentu. Meskipun paling banyak digunakan oleh organisasi dari bisnis kecil dan nirlaba hingga perusahaan besar. Dengan analisis SWOT diharapkan perusahaan mampu menyeimbangkan antara kondisi internal yang direfrentasikan oleh kekuatan dan kelemahan dengan kesempatan dan ancaman dari lingkungan eksternal yang ada dengan teliti. Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk melihat mengidentifikasi UMKM UD Multi Best menggunakan metode analisis SWOT. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu mixed metodhs dengan pengabungan pendekatan kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara mendalam, observasi, dan studi literatur. Pendekatan kuantitatif menggunakan metode IFAS dan EFAS. Hasil penulisan tugas akhir ini menunjukkan pada metode IFAS, faktor kekuatan dan kelemahan memiliki total skor 2,96. Karena total skor diatas 2,5 berarti ini mengindikasikan posisi internal pada perusahaan begitu kuat. Pada Metode EFAS, faktor peluang dan ancaman memiliki total skor 0,78. Karena total skor setengah lebih dari 4,0 Karena total skor sangat kurang dari 4,0 berarti ini mengindikasikan bahwa perubahan akibat ancaman sangat mempengaruhi aspek-aspek lainnya sehingga faktor ekxternal menjadi aspek yang sangat krusial bagi UD Multi Best.. Mengetahui faktor eksternal melalui metode EFAS terdapat ancaman dari luar dikarenakan strategi pemasaran yang belum tepat sehingga disusun strategi pemasaran berdasarkan analisi SWOT serta penerapan langsung pembuatan media sosial instagram sebagai media promosi
English Abstract
SWOT implementation is a technique used to identify strengths, weaknesses, opportunities, and threats for a particular business or even project. Although it is most widely used by organizations from small businesses and non-profits to large corporations. With SWOT analysis, it is hoped that the company will be able to carefully balance internal conditions as reflected by strengths and weaknesses with opportunities and threats from the existing external environment. The aim of writing this final assignment is to identify UD Multi Best MSMEs using the SWOT analysis method. The data collection method used is mixed methods combining a descriptive qualitative approach by conducting in-depth interviews, observation and literature study. The quantitative approach uses the IFAS and EFAS methods. The results of this final assignment show that in the IFAS method, the strength and weakness factors have a total score of 2.96. Because the total score is above 2.5, this means that the company's internal position is very strong. In the EFAS Method, the opportunity and threat factors have a total score of 0,78. Because the total score is very less than 4.0, this means that changes due to threats greatly influence other aspects so that external factors are a very crucial aspect for UD Multi Best. Knowing external factors through the EFAS method, there are threats from outside due to inappropriate marketing strategies, so a marketing strategy is prepared based on SWOT analysis and direct application of creating Instagram social media as a promotional medium
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 0524170271 |
Uncontrolled Keywords: | Implementasi SWOT, Strategi Pemasaran, Analisis Matriks IFAS (Internal Factor Analysis Sunmary) dan EFAS (External Factor Analysis Sunmary)-SWOT Implementation, Marketing Strategy, Matrix Analysis IFAS (Internal Factor Analysis Sunmary) and EFAS (External Factor Analysis Sunmary) |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 16 Jul 2024 07:57 |
Last Modified: | 16 Jul 2024 07:57 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/222692 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Welina Robinson.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |