Determinan Dominan yang Berpengaruh terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 0-3 Tahun di Posyandu Kelurahan Bandungrejosari Kota Malang

Muna, Farikha Nailil and Dr. Dr Tita Hariyanti, M.Kes and Ningrum Paramita Sari, S.Keb.Bd, M.Biomed. (2024) Determinan Dominan yang Berpengaruh terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 0-3 Tahun di Posyandu Kelurahan Bandungrejosari Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendahuluan: Menuju usia dewasa, setiap individu akan mengalami tahap pertumbuhan dan perkembangan. Perkembangan bahasa adalah salah satu bagian perkembangan anak yang perlu dioptimalkan. Gangguan perkembangan bahasa pada anak yang tidak diberikan intervensi dini berisiko menjadikan anak kesulitan belajar, beradaptasi sosial dan kurangnya percaya diri. Normal atau terganggunya perkembangan bahasa anak dipengaruhi oleh banyak faktor baik dari berasal dari dalam dirinya maupun faktor dari luar. Mengetahui banyaknya faktor perkembangan bahasa memudahkan bagi ibu, pendamping anak ataupun petugas kesehatan dalam mendeteksi dan intervensi dini jika anak dicurigai mengalami gangguan. Tujuan: menganalisis determinan dominan yang berpengaruh terhadap perkembangan bahasa anak usia 0-3 tahun di Kelurahan Bandung rejosari Kota Malang. Metode: desain penelitian yang digunakan adalah analitik observasional dengan metode cross sectional. Populasi yang dimasukkan adalah anak usia 0-3 tahun di kelurahan Bandungrejosari dengan pengambilan sampel sebanyak 95 orang menggunakan teknik accidental sampling. Uji bivariat memakai chi square untuk mengetahui hubungan antara variabel bebas dan terikat dan mencari nilai odds ratio untuk mengetahui seberapa besar peluang masing-masing faktor didalam mempengaruhi hasil perkembangan bahasa anak. Hasil: Terdapat beberapa variabel dependen secara signifikan berhubungan dengan variabel dependen. Variabel tersebut antara xii lain: pendidikan ibu (p-value =0.003), pendapatan keluarga (p-value = 0.043), jenis kelamin anak (p-value = 0.044), stimulasi (p-value = 0,002), dan pola asuh orang tua (p-value = 0,032). Adapun variabel yang tidak berhubungan signifikan yaitu variabel riwayat medis (p-value =0.075), dan variabel genetik (p-value = 0.1), Determinan dominan yang berhasil didapatkan dalam mempengaruhi perkembangan bahasa anak adalah stimulasi (OR = 5.592). Kesimpulan: Adanya hubungan pendidikan ibu, pendapatan keluarga, jenis kelamin, stimulasi dan pola asuh yang digunakan oleh orang tua dengan hasil perkembangan bahasa anak. Faktor yang tidak berhubungan secara signifikan yaitu riwayat medis anak dan faktor genetik. Faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi perkembangan bahasa anak adalah stimulasi. Penting bagi ibu atau pengasuh anak untuk terus memberikan stimulasi terbaik untuk anak demi optimalnya perkembangan bahasa anak.

English Abstract

Introduction: Approaching adulthood, every individual will experience stages of growth and development. Language development is one part of a child's development that needs to be optimized. Language development disorders in children who are not given early intervention are at risk of causing children to have difficulty learning, adapting socially and lacking self-confidence. Normal or disrupted child language development is influenced by many factors, both internal and external. Knowing the many factors of language development makes it easier for mothers, children's companions or health workers to detect and intervene early if a child is suspected of having a disorder. Objective: to analyze the dominant determinants that influence the language development of children aged 0-3 years in Bandung Rejosari Village, Malang City. Method: The research design used was observational analytics with a cross sectional method. The population included were children aged 0-3 years in Bandungrejosari subdistrict with a sample of 95 people using accidental sampling technique. The bivariate test uses chi square to determine the relationship between the independent and dependent variables and looks for the odds ratio value to find out how big the chance of each factor influencing the child's language development results. Results: There are several dependent variables that are significantly related xiv to the dependent variable. These variables include: mother's education (p-value = 0.003), family income (p-value = 0.043), child's gender (p-value = 0.044), stimulation (p-value = 0.002), and parenting style. (p-value = 0.032). The variables that were not significantly related were the medical history variable (p-value = 0.075), and the genetic variable (p-value = 0.1). The dominant determinant that was successfully obtained in influencing children's language development was stimulation (OR = 5.592). Conclusion: There is a relationship between maternal education, family income, gender, stimulation and parenting patterns used by parents with the results of children's language development. Factors that were not significantly related were the child's medical history and genetic factors. The most dominant factor influencing children's language development is stimulation. It is important for mothers or child caregivers to continue to provide the best stimulation for children for optimal language development.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052406
Uncontrolled Keywords: Determinan, perkembangan bahasa anak
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 08 Aug 2024 04:39
Last Modified: 08 Aug 2024 04:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/222648
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Fitriya Maharani Putri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item