Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) (Studi pada SLBN Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang)

Lisdianti, Annisa Fitri Ayu and Wike, S.Sos., M.Si, DPA, and Suhartono Winoto, S.AP., MAP (2024) Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) (Studi pada SLBN Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Anak berkebutuhan khusus merupakan anak yang memiliki kelainan pada fisik, mental, tingkah laku atau indranya memiliki kelainan dan berbeda dari usia sepantarannya dan berhak mendapatkan pendidikan yang layak. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisa mengenai manajemen kurikulum pendidikan anak berkebutuhan khusus. Latar belakang penelitian ini adalah peraturan Walikota Malang Nomor 53 Tahun 2016 tentang pembentukan, kedudukan, susunan organisasi, tugas dan tata kerja unit pelaksana teknis layanan pendidikan anak berkebutuhan khusus pada Dinas Pendidikan dalam pasal 1 Ayat (6) menjelaskan bahwa Anak Berkebutuhan Khusus yang selanjutnya disingkat ABK adalah anak yang memiliki perbedaan-perbedaan baik perbedaan interindividual maupun intraindividual yang signifikan dan mengalami kesulitan dalam berinteraksi dengan lingkungan sehingga untuk mengembangkan potensinya dibutuhkan pendidikan dan pengajaran.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan Januari hingga Mei 2024 bertempat di SLBN Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang. Fokus permasalahan penelitian ini adalah (a) perencanaan kurikulum, (b) pengorganisasian kurikulum, (c) pengimplementasian kurikukulum, (d) evaluasi kurikulum. Teknik pengumpulan data diambil dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu : (1) pengumpulan data, (2) kondensasi data, (3) penyajian data, dan (4) pengambilan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen kurikulum pendidikan anak berkebutuhan khusus (ABK) di SLBN Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang sudah baik meskipun masih terdapat beberapa kekurangan. Dalam perencanaan dilakukan upaya identifikasi kurikulum sesuai kebutuhan peserta didik. Pengorganisasian dilakukan dengan meninjau KOSP, pengimplementasian dilakukan dengan melaksanakan kegiatan belajar mengajar sesuai dengan alur tujuan. Dan evaluasi dilakukan dengan evaluasi hasil belajar. Penulis memberikan saran terhadap proses manajemen kurikulum ABK di Kabupaten Malang agar perencanaan dilakukan lebih komprehensif dan penanggungjawab lembaga pendidikan dan seluruh stakeholder pendidikan harus memiliki visi yang sama dalam merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, dan mengevaluasi sebuah kurikulum.

English Abstract

Children with special needs are children who have physical, mental, behavioral or sensory abnormalities and are different from their age peers and have the right to receive appropriate education. This research aims to explain and analyze the management of the education curriculum for children with special needs. The background to this research is the Malang Mayor's regulation Number 53 of 2016 concerning the formation, position, organizational structure, duties and work procedures of the technical implementation unit for education services for children with special needs at the Education Service in Article 1 Paragraph (6) explains that Children with Special Needs, hereinafter abbreviated to ABK are children who have differences, both significant interindividual and intraindividual differences, and experience difficulties in interacting with the environment, so that to develop their potential, education and teaching are needed. This research uses a qualitative approach with descriptive methods. This research was conducted from January to May 2024 at the SLBN Pembina National Level Section C Malang. The focus of this research problem is (a) curriculum planning, (b) organizing the curriculum, (c) implementing the curriculum, (d) evaluating the curriculum. Data collection techniques were taken from observation, interviews and documentation. Meanwhile, the data analysis techniques used in this research are: (1) data collection, (2) data condensation, (3) data presentation, and (4) drawing conclusions. The results of this research indicate that the management of the education curriculum for children with special needs (ABK) at SLBN Pembina National Level Part C Malang is good although there are still several shortcomings. In planning, efforts are made to identify a curriculum according to students' needs. Organizing is done by reviewing KOSP, implementing is done by carrying out teaching and learning activities in accordance with the flow of objectives. And evaluation is carried out by evaluating learning outcomes. The author provides suggestions for the ABK curriculum management process in Malang Regency so that planning is carried out more comprehensively and those responsible for educational institutions and all educational stakeholders must have the same vision in planning, organizing, implementing and evaluating a curriculum.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052403
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum, Anak Berkebutuhan Khusus - Curriculum Management, Children with Special Needs
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 08 Aug 2024 04:39
Last Modified: 08 Aug 2024 04:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/222638
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Annisa Fitri Ayu Lisdianti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item