Analisis Kepuasan Pelanggan Pada Pt Infrastruktur Telekomunikasi Indonesia (Telkominfra)

Sirait, Patricia Guna Rumondang and Rachma Bhakti Utami, S.E., M.AB (2024) Analisis Kepuasan Pelanggan Pada Pt Infrastruktur Telekomunikasi Indonesia (Telkominfra). Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT Infrastruktur Telekomunikasi Indonesia atau umumnya disebut “Telkominfra” merupakan salah satu anak perusahaan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terbesar yang bergerak di bidang jasa teknologi informasi dan komunikasi (TIK) serta jaringan telekomunikasi di Indonesia. Memasuki tahun ke-9 tonggak bisnisnya, Telkominfra semakin mempercepat langkahnya untuk memperkuat posisinya sebagai penyedia infrastruktur Managed Service, baik domestik maupun regional melalui portofolio bisnisnya yaitu Infra Network Services, Submarine Cable Services, dan Power Solutions. Kepuasan pelanggan mempunyai peranan penting dalam menjalankan bisnis, Telkominfra menggunakan sistem Net Promoter Score (NPS) untuk menganalisis kepuasan serta loyalitas pelanggan. Dari survei kepuasan pelanggan yang dilakukan Telkominfra, perusahaan dapat mengetahui area-area yang memerlukan perbaikan dan pengembangan, sehingga dapat mencapai kepuasan pelanggan yang diharapkan dan dapat menyediakan apa yang dibutuhkan pelanggan. Dalam penulisan tugas akhir ini penulis menggunakan 4 indikator untuk mengetahui kepuasan pelanggan Telkominfra yaitu penampilan, minat menggunakan produk, merekomendasikan penggunaan produk, dan kepercayaan. Dari keempat indikator tersebut penulis dapat melihat bahwa kepuasan pelanggan Telkominfra telah mencapai hasil yang baik. Tujuan penulisan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui analisis kepuasan pelanggan pada PT Infrastruktur Telekomunikasi Indonesia, dari penulisan tugas akhir ini dapat diketahui bahwa Telkominfra sudah memberikan layanan serta produk yang baik dan professional kepada pelanggannya. Melalui tugas akhir ini besar harapan penulis untuk Telkominfra meningkatkan kualitas layanan serta sumber daya manusia yang dimiliki oleh Telkominfra.

English Abstract

PT Infrastruktur Telekomunikasi Indonesia or here in after referred to as “Telkominfra” is one of the subsidiaries of PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, the largest State-Owned Enterprises (BUMN) which are engaged in information and communication technology (ICT) services and telecommunications networks in Indonesia. Entering the 9th year of its business milestones, Telkominfra has accelerated its steps to strengthen its position as managed service infrastructure provider, both domestically and regionally through its business portofolios, namely Infra Network Services, Submarine Cable Services and Power Solutions. Customer satisfaction has an important role in running a business, Telkominfra uses the Net Promoter Score (NPS) system to analyze customer satisfaction and loyalty. From the customer satisfaction survey conducted by Telkominfra, the company can identify areas that require improvement and development, so that it can achieve the expected customer satisfaction and can provide what customers need. In writing this final assignment the author used 4 indicators to determine Telkominfra customer satisfaction, namely appearance, interest in using the product, recommending product use, and trust. From these four indicators the author can see that Telkominfra customer satisfaction has achieved good results. The purpose of writing this final assignment is to determine customer satisfaction analysis at PT Infrastruktur Telekomunikasi Indonesia. From writing this final assignment it can be seen that Telkominfra has provided good and professional services and products to its customers. Through this final assignment, the author hopes that Telkominfra will improve the quality of services and human resources owned by Telkominfra.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0524170259
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kepuasan Pelanggan, Kualitas Layanan-Analysis, Customer Satisfaction, Service Quality
Divisions: Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 16 Jul 2024 05:06
Last Modified: 16 Jul 2024 05:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/222636
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Patricia Guna Rumondang Sirait.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item