Pengoptimalan Akun Media Sosial Tiktok @Berasaofficial Sebagai Media Promosi Untuk Membangun Brand Awareness Produk Sambal Berasa

Aininabilah, Nudiya Amburica and Ir. I Dewa Made Widia, MT (2024) Pengoptimalan Akun Media Sosial Tiktok @Berasaofficial Sebagai Media Promosi Untuk Membangun Brand Awareness Produk Sambal Berasa. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

TikTok merupakan platform media sosial yang populer digunakan untuk menghibur diri, membuat dan menonton video pendek, serta memasarkan bisnis. Salah satu bisnis yang menggunakan TikTok sebagai media promosi sekaligus membangun brand awareness adalah Berasa, UMKM Kota Malang yang menjual sambal dengan cita rasa Nusantara. Namun, Berasa belum menggunakan media sosial TikTok secara optimal. Hal ini disebabkan oleh ketidakkonsistenan dalam memperbarui konten, kurang menariknya pengemasan konten, dan kurangnya pemanfaatan fiturfitur khusus bisnis yang disediakan oleh TikTok. Berdasarkan penjelasan tersebut, dilakukan pengoptimalan pada akun TikTok @berasaofficial mulai dari merubah akun TikTok @berasaofficial menjadi akun TikTok for Business serta penautan TikTok Shop (keranjang kuning) dengan akun TikTok @berasaofficial, membuat dan mengunggah konten yang menarik, serta membuat caption dan hashtag yang tepat. Dari hasil tugas akhir ini, strategi konten mampu menjadi alat yang efektif untuk membangun brand awareness dari adanya peningkatan yang signifikan pada metrik video views, reach, impressions, dan followers growth. Jumlah video views meningkat dari 0 menjadi 15.971 views, reach meningkat dari 0 menjadi 13.583 pengguna, dan impressions meningkat dari 2.040 menjadi 15.631 impresi. Akun ini juga berhasil mendapatkan 7 followers baru selama periode optimalisasi. Selain itu, penggunaan fitur TikTok Shop menghasilkan traffic page views yang mencapai 51 views dengan rata-rata 3 pengunjung per hari selama periode pengoptimalan yang mana menunjukkan bahwa audiens memiliki ketertarikan terhadap produk Berasa. Pemanfaatan fitur TikTok Shop ini membantu dalam memperkuat branding dan memudahkan pembelian produk. Untuk kedepannya, diharapkan pengelola akun media sosial TikTok @berasaofficial tetap konsisten dalam membuat konten TikTok dan menganalisis performa konten, memahami dan mengikuti trend, meningkatkan penggunaan fitur TikTok Shop, serta terus mengembangkan usaha melalui media sosial TikTok.

English Abstract

TikTok is a popular social media platform used to entertain yourself, create and watch short videos, and market your business. One of the businesses that uses TikTok as a promotional medium as well as building brand awareness is Berasa, a Malang City MSME that sells chili sauce with Indonesian flavors. However, Berasa has not used TikTok social media optimally. This is caused by inconsistencies in updating content, lack of attractive content packaging, and lack of utilization of business-specific features provided by TikTok. Based on this explanation, optimization was carried out on the @berasaofficial TikTok account starting from changing the @berasaofficial TikTok account to a TikTok for Business account as well as linking the TikTok Shop (yellow basket) with the @berasaofficial TikTok account, creating and uploading interesting content, as well as creating appropriate captions and hashtags. appropriate. From the results of this final project, content strategy can be an effective tool for building brand awareness from a significant increase in video views, reach, impressions, and follower growth metrics. The number of video views increased from 0 to 15,971 views, reach increased from 0 to 13,583 users, and impressions increased from 2,040 to 15,631 impressions. This account also managed to get 7 new followers during the optimization period. In addition, the use of the TikTok Shop feature resulted in traffic page views reaching 51 views with an average of 3 visitors per day during the optimization period, which shows that the audience has an interest in Berasa products. Utilizing the TikTok Shop feature helps strengthen branding and makes it easier to purchase products. In the future, it is hoped that the TikTok social media account manager @berasaofficial will remain consistent in creating TikTok content and analyzing content performance, understanding and following trends, increasing use of the TikTok Shop feature, and continuing to develop business through TikTok social media.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0524170257
Uncontrolled Keywords: TikTok, TikTok Shop, Pemasaran, Brand Awareness, Berasa-TikTok, TikTok Shop, Marketing, Brand Awareness, Berasa
Divisions: Program Vokasi > D3 Teknologi Informasi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 16 Jul 2024 05:05
Last Modified: 16 Jul 2024 05:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/222630
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nudiya Amburica Aininabilah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item