Studi Eksperimental Lendutan Pelat Perkerasan Kaku dengan Variasi Mutu Beton

Cahyani, Rizky Bunga Hendra and Ir. Roland Martin S, ST., MT., M.Sc. and Prof. Dr. Ir. Agoes Soehardjono, MD, MS. and Dr. Eng. Devi Nuralinah, ST., MT. (2024) Studi Eksperimental Lendutan Pelat Perkerasan Kaku dengan Variasi Mutu Beton. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada jalan di pedasaan menggunakan tipe perkerasan (rigid pavement). Tipikal jalan di pedesaan yaitu pengerjaannya melalui program padat karya atau cash for work yang dilakukan secara swakelola. Sehingga campuran beton yang digunakan adalah in situ/site mix sehingga untuk mencapai kuat tekan yang sesuai standar akan sulit. Dalam pelaksanaan pembangunan perkerasan kaku (rigid pavement) pada jalan di pedesaan, sering kali didapat hasil mutu beton yang tidak memenuhi kriteria atau spesifikasi sehingga pekerjaan beton pada perkerasan kaku mengalami keretakan akibat lendutan yang besar. Oleh karena itu, dilakukan eksperimental lendutan pelat perkerasan kaku dengan variasi mutu beton. Pada penilitian ini digunakan variasi mutu beton sebesar 9,12 MPa; 20,22 MPa; 35,06 MPa dan nilai CBR 12,83%. Pada saat proses pembuatan spesimen dilakukan uji slump kemudian dilakukan curing beton selama 16 hari. Pengujian spesimen dilakukan saat beton telah berumur 28 hari. Pengujian spesimen dilaksanakan pada frame uji yang memiliki kapasitas 300 kN. Pada penelitian ini mutu beton mempengaruhi hasil lendutan pelat perkerasan kaku. Pada CBR 12,83% pembebanan dilakukan hingga beban maksimum 200 kN. Hasil lendutan maksimum terletak pada titik tengah bentang pelat. Hasil lendutan eksperimental pada spesimen dengan mutu 9,12 MPa sebesar 4,86 mm, mutu 20,22 MPa sebesar 3,16 mm, dan mutu 35,06 MPa sebesar 2,63 mm. Sedangkan hasil lendutan teoritis pada spesimen dengan mutu 9,12 MPa sebesar 3,98 mm, mutu 20,22 MPa sebesar 3,64 mm, dan mutu 35,06 MPa sebesar 3,45 mm Hal ini menunjukkan bahwa semakin besar mutu beton, maka nilai lendutan akan semakin kecil.

English Abstract

Roads in the countryside use a type of pavement (rigid pavement). Typical of rural roads is that the work is done through a labor-intensive or cash for work program that is carried out in a self-managed manner. So that the concrete mixture used is in situ / site mix so that to achieve compressive strength according to the standard will be difficult. In the implementation of rigid pavement construction on rural roads, it is often found that the results of concrete quality do not meet the criteria or specifications so that concrete work on rigid pavement cracks due to large deflections. Therefore, experimental deflection of rigid pavement slabs with variations in concrete quality was carried out. In this research, concrete quality variations of 9,12 MPa; 20,22 MPa; 35,06 MPa and CBR value of 12,83% were used. During the process of making specimens, a slump test was carried out and then curing the concrete for 16 days. Specimen testing was carried out when the concrete was 28 days old. Specimen testing is carried out on a test frame that has a capacity of 300 kN. In this study, the quality of concrete affects the deflection results of rigid pavement plates. At CBR 12,83%, the loading is carried out up to a maximum load of 200 kN. The maximum deflection result is located at the mid-span point of the slab. The experimental deflection results on specimens with a grade of 9,12 MPa amounted to 4,86 mm, a grade of 20,22 MPa amounted to 3,16 mm, and a grade of 35,06 MPa amounted to 2,63 mm. While the results of theoretical deflection in specimens with a grade of 9,12 MPa of 3,98 mm, a grade of 20,22 MPa of 3,64 mm, and a grade of 35,06 MPa of 3,45 mm. This shows that the greater the quality of concrete, the smaller the deflection value will be.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052407
Uncontrolled Keywords: BoEF (Beam on Elastic Fondation), Lendutan Pelat, Mutu Beton, Perkerasan Kaku - BoEF (Beam on Elastic Fondation), Plate Deflection, Concrete Quality, Rigid Pavement
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 15 Jul 2024 08:42
Last Modified: 15 Jul 2024 08:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/222609
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rizky Bunga Hendra Cahyani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item