Pengaruh Fasilitas Wisata Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Pada Ekowisata Boon Pring, Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang.

Sari, Putri Arum Puspita and Dina Priminingtyas, S.P., M.Si. (2024) Pengaruh Fasilitas Wisata Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Pada Ekowisata Boon Pring, Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ekowisata Boon Pring merupakan salah satu Desa Wisata yang terletak di Desa Sanankerto, Kecamatan Turen yang memiliki keunikan yaitu adanya 60 jenis bambu dan sumber mata air alami yang memberi kehidupan bagi warga melalui pengairan lahan seluas sekitar 124 hektar. Namun, masih dtemukan permasalahan yaitu adanya penurunan pengunjung tiap tahunnya terutama pada tahun 2023. Penurunan penunjung atau wisatawan di Ekowisata Boon Pring juga bisa disebabkan karena pengunjung yang kurang puas untuk melakukan kunjungan kembali ke Ekowisata Boon Pring. Tujuan dari penelitian ini ialah: (1) menganalisis pengaruh fasilitas wisata (fasilitas utama, fasilitas pendukung dan fasilitas pelengkap) terhadap kepuasan pengunjung di ekowisata Boon Pring, Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang. (2) menganalisis pengaruh kualitas pelayanan (bukti fisik (tangible), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan empati (emphaty)) terhadap kepuasan pengunjung di ekowisata Boon Pring, Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Lokasi pada penelitian ini diambil secara purposive. Metode penentuan responden yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik purposive sampling dan accidental sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian adalah Structural Equation Modeling (SEM) yang dibantu oleh software WarpPLS 8.0. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan significance level 5% dan nilai minimum R2 sebesar 0,25 dengan minimum sampel yang dibutuhkan adalah 76 sampel. Dalam penelitian ini mendapati sebanyak 80 guna menghindari sampel error. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapati bahwa variabel fasilitas utama memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pengunjung Ekowisata Boon Pring, dengan nilai path coefficient sebesar 0,037 dan nilai pvalue sebesar 0,368. Variabel fasilitas pendukung memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pengunjung Ekowisata Boon Pring, dengan nilai path coefficient sebesar 0,164 dan nilai pvalue sebesar 0,063. Variabel fasilitas pelengkap memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung Ekowisata Boon Pring, dengan nilai path coefficient sebesar 0,218 dan nilai pvalue sebesar 0,020. Variabel bukti fisik memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung Ekowisata Boon Pring, dengan nilai path coefficient sebesar 0,300 dan nilai pvalue sebesar 0,002. Variabel kehandalan memilikiii ii pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung Ekowisata Boon Pring, dengan nilai path coefficient sebesar 0,211 dan nilai pvalue sebesar 0,024. Variabel daya tanggap memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung Ekowisata Boon Pring, dengan nilai path coefficient sebesar 0,250 dan nilai pvalue sebesar 0,009. Variabel jaminan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung Ekowisata Boon Pring, dengan nilai path coefficient sebesar 0,218 dan nilai pvalue sebesar 0,020. Variabel empati memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung Ekowisata Boon Pring, dengan nilai path coefficient sebesar 0,204 dan nilai pvalue sebesar 0,028. Hasil penelitian ini memberikan implikasi teori bahwa fasilitas wisata dan kualitas pelayanan mampu memberikan hubungan terkait kepuasan pengunjung. Adapun saran untuk pengelola Ekowisata Boon Pring yaitu meningkatkan fasilitas wisata serta menambahkan fasilitasyang diperlukan pengunjung. selain itu, perlu adanya peningkatan, pengawasan dan pengendalian karyawan atau crew terhadap kualitas layanan. Kemudian saran bagi peneliti selanjutnya yaitu dengan dapat lebih mengeksplor kembali mengenai faktor-faktor lain diluar dari penelitian ini.

English Abstract

Boon Pring Ecotourism is one of the tourist villages located in Sanankerto Village, Turen District, which is unique in that there are 60 types of bamboo and natural springs that provide life for residents through irrigating land covering an area of around 124 hectares. However, problems are still found, namely a decrease in visitors every year, especially in 2023. The decrease in visitors or tourists at Boon Pring Ecotourism could also be caused by visitors who are not satisfied enough to make return visits to Boon Pring Ecotourism. The aim of this research is: (1) to analyze the influence of tourist facilities (main facilities, supporting facilities and complementary facilities) on visitor satisfaction at Boon Pring ecotourism, Sanankerto Village, Turen District, Malang Regency. (2) analyze the influence of service quality (tangible evidence, reliability, responsiveness, assurance and empathy) on visitor satisfaction at Boon Pring ecotourism, Sanankerto Village, Turen District, Regency Poor. This study uses a quantitative approach. The locations in this research were taken purposively. The method for determining respondents used in this research was purposive sampling and accidental sampling techniques. The analytical tool used in the research is Structural Equation Modeling (SEM) which is assisted by WarpPLS 8.0 software. Determining the sample in this study used a significance level of 5% and a minimum R2 value of 0.25 with the minimum sample required being 76 samples. This research found as many as 80 to avoid sample error. Based on research that has been conducted, it was found that the main facility variables have a positive and insignificant influence on visitor satisfaction at Boon Pring Ecotourism, with a path coefficient value of 0.037 and a p value of 0.368. The supporting facilities variable has a positive and insignificant influence on visitor satisfaction at Boon Pring Ecotourism, with a path coefficient value of 0.164 and a p value of 0.063. The complementary facilities variable has a positive and significant influence on visitor satisfaction at Boon Pring Ecotourism, with a path coefficient value of 0.218 and a p value of 0.020. The physical evidence variable has a positive and significant influence on visitor satisfaction at Boon Pring Ecotourism, with a path coefficient value of 0.300 and a p value of 0.002. The reliability variable has a positive and significant influence on visitor satisfaction at Boon Pring Ecotourism, with a path coefficient value of 0.211 and a p value of 0.024. The responsiveness variable has a positive and significant influence on visitor satisfaction at Boon Pring Ecotourism, with a path coefficient value of 0.250 and a p value of 0.009. The guarantee variable has a positive and significant

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524040492
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 07 Aug 2024 04:50
Last Modified: 07 Aug 2024 04:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/222573
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
PUTRI ARUM PUSPITA SARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item