A’zizah, Amadea Neizela and Karisma Sri Rahayu, S.S.T., M.AB (2024) Evaluasi Penggunaan Media Sosial Instagram @mall_malangcitypoint sebagai Media Pemasaran Pada Malang City Point. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui evaluasi dari penggunaan media sosial Instagram @mall_malangcitypoint sebagai media pemasaran pada mall Malang City Point. Salah satu strategi pemasaran yang digunakan mall Malang City Point adalah pemasaran melalui media sosial Instagram. Dalam penggunaan media sosial Instagramnya, mall Malang City Point masih menerapkan cara yang kurang efektif, misalnya seperti jadwal posting konten yang tidak teratur, penataan postingan feed yang diunggah kurang tertata dan pembuatan konten reels kurang informatif. Sehingga informasi tersebut tidak tersampaikan dengan jelas. Kemudian, dari informasi yang kurang jelas tersebut menyebabkan calon pelanggan maupun pengunjung menjadi tidak tertarik dengan apa yang sedang ditawarkan. Salah satu faktor penghambat dari tidak efektifnya media sosial Instagram mall Malang City Point adalah kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang mengakibatkan keterbatasan ide-ide kreatif, karena akun Instagram @mall_malangcitypoint yang saat ini hanya dikelola oleh satu orang yaitu tim event yang kurang menguasai dan paham akan media sosial khususnya Instagram. Maka dari itu penulis membuat tugas akhir mengenai evaluasi media sosial Instagram sebagai media pemasaran pada mall Malang City Point, dan sebagai solusi terbaik untuk memecahkan masalah yang ada pada mall Malang City Point. Oleh karena itu, mall Malang City Point memerlukan cara untuk memudahkan pengelolaannya dalam penggunaan media sosial Instagram. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan media sosial Instagram @mall_malangcitypoint belum sepenuhnya sesuai dengan implementasi yang dilakukan. Untuk itu hasil dari penelitian ini diharapkan mampu memberikan kemudahan dalam mengelola media sosial Instagram @mall_malangcitypoint menjadi lebih efektif
English Abstract
This research was conducted to determine the evaluation of the use of social media Instagram @mall_malangcitypoint as a marketing medium at Malang City Point mall. One of the marketing strategies used by Malang City Point mall is marketing via Instagram social media. In using Instagram social media, Malang City Point mall still applies methods that are less effective, for example, irregular content posting schedules, less organized arrangement of uploaded feed posts and less informative reel content creation. So the information is not conveyed clearly. Then, this unclear information causes potential customers and visitors to become uninterested in what is being offered. One of the inhibiting factors in the ineffectiveness of Instagram social media at Malang City Point mall is the lack of Human Resources (HR) which results in limited creative ideas, because the Instagram account @mall_malangcitypoint is currently only managed by one person, namely the event team who lacks expertise and understand social media, especially Instagram. Therefore, the author made a final assignment regarding the evaluation of Instagram social media as a marketing medium at Malang City Point mall, and as the best solution to solve problems that exist at Malang City Point mall. Therefore, Malang City Point mall needs a way to make it easier to manage the use of Instagram social media. This research was conducted using qualitative research methods with data collection techniques including observation, interviews and documentation. The results of this research prove that the use of social media Instagram @mall_malangcitypoint is not fully in accordance with the implementation carried out. For this reason, the results of this research are expected to be able to make it easier to manage social media Instagram @mall_malangcitypoint more effectively.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 0524170237 |
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi, Media Sosial, Instagram, Pemasaran-Evaluation, Social Media, Instagram, Marketing. |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 12 Jul 2024 07:15 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 07:15 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/222571 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Amadea Neizela A’zizah.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |