Putri, Uchi Ananda and Prof. Dr. Drs. Choirul Saleh, M.Si and Muhammad Rizki Pratama, S.IAN., MPA (2024) Strategi Kepala Sekolah dalam Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) (Studi pada SMK Negeri 4 Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pelaksanaan MBS sangat bergantung pada kepemimpinan kepala sekolah yang profesional dimana kepala sekolah tersebut memiliki kemampuan manajerial dan integritas pribadi untuk mewujudkan visi menjadi aksi, serta demokratis dan transparan dalam berbagai pengambilan keputusan. Dalam hal ini tentunya kompetensi dan strategi dari kepala sekolah dalam mengimplementasikan MBS sangat dibutuhkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data Model Interaktif dari Miles, Huberman, dan Saldana. Bentuk strategi dari Syafaruddin dan Asrul digunakan sebagai landasan untuk menjelaskan dan menganalisis Strategi Kepala Sekolah dalam Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SMK Negeri 4 Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kepala sekolah dalam manajemen berbasis sekolah (MBS) menggunakan semua bentuk strategi yaitu strategi hierarki, strategi transformasional, dan strategi fasilitatif. Strategi hierarki mengedepankan struktur dan kontrol yang ketat sehingga menciptakan lingkungan yang teratur dan disiplin. Strategi transformasional yang difokuskan pada motivasi dan inspirasi telah meningkatkan keterlibatan dan komitmen guru terhadap tujuan sekolah, yang pada akhirnya berdampak positif pada iklim atau budaya inovasi yang meningkat. Strategi fasilitatif yang menitikberatkan pada fungsi kepala sekolah sebagai fasilitator berdampak pada peningkatan kepuasan guru, peningkatan prestasi akademik, memperkuat kerjasama dan komunikasi antar guru, serta menciptakan lingkungan kerja yang harmonis dan produktif.
English Abstract
The implementation of School-Based Management is highly dependent on the leadership of professional school principals who have the managerial skills and personal integrity to realize the vision into action, as well as democratic and transparent in various decision-making. In this case, the competence and strategy of the principal in implementing School Based Management are needed. This research is using a qualitative approach with descriptive method. The data collection techniques are interview and documentation. It is analyzed with data analytics interactive model by Miles, Huberman, and Saldana. The strategy form by Syafaruddin and Asrul are used as a basis to describe and analyze the Principal's Strategy in School-Based Management (MBS) at SMK Negeri 4 Malang. The result of this research showed that the principal's strategy in School-Based Management (SBM) uses all strategies, the hierarchical strategy, transformational strategy, and facilitative strategy. The hierarchical strategy emphasizes structure and strict control, creating an orderly and disciplined environment. Transformational strategies that focus on motivation and inspiration have increased teachers' engagement and commitment to school goals, which in turn has a positive impact on an improved climate or culture of innovation. Facilitative strategies that emphasize the principal's function as a facilitator have resulted in increased teacher satisfaction, improved academic performance, strengthened cooperation and communication among teachers, and created a harmonious and productive work environment.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052403 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Kepala Sekolah, Manajemen Sekolah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 04:23 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 04:23 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/222537 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Uchi Ananda Putri.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |