Elianora, Ivana Angie and Tri Mega Asri, S.Sos. M.I.Kom (2024) Optimalisasi Konten Promosi Eatery Melalui Akun Media Sosial Instagram @eatery.id_ Kota Malang. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Semakin banyaknya usaha terutama di bidang kuliner yang ada di Kota Malang membuat setiap pemilik usaha harus memikirkan untuk berinovasi, salah satunya dalam hal melakukan promosi melalui media sosial. Promosi melalui media sosial ini dilakukan agar usaha semakin dikenal oleh masyarakat, sebagai sarana branding untuk setiap usaha dan dapat bersaing dengan usaha kuliner lainnya, terutama untuk bisnis UMKM. Eatery merupakan salah satu UMKM di Kota Malang yang didirikan pada Mei 2020. UMKM ini menawarkan produk makanan berupa mentai, banana pudding, pasta, dan ricebowl. Target pasar dari usaha ini yaitu perempuan dengan rentang usia 17-30 tahun. Hal ini dikarenakan, usia 17-30 tahun menggemari makanan kekinian dan pada umumnya menggunakan instagram sebagai media sosial yang paling sering digunakan. Dengan target pasar yang telah dijelaskan, eatery memilih instagram sebagai salah satu media promosi dengan nama akun yaitu @eatery.id_ untuk pengembangan bisnisnya. Pada saat ini, akun instagram tersebut memiliki 160 pengikut. Konten promosi yang telah disebarkan, antara lain berupa 6 postingan foto produk. Tidak hanya dalam postingan feeds, video testimoni juga disebar dalam fitur story dan diletakkan pada 4 highlight. Pada bulan Juli 2020 sampai dengan Oktober 2023 tidak pernah melakukan promosi dalam bentuk postingan dan kurangnya variasi terhadap konten yang disebarkan seperti story atau reels. Selain itu, kurangnya jumlah like dan komen jumlah like dan komen pengikut instagram akun tersebut. Maka, diperlukan adanya pengembangan konten promosi untuk mengatasi hal ini dan diperlukan optimalisasi terhadap konten-konten yang disebarkan melalui media sosial instagram eatery. Sehingga, promosi yang dilakukan dapat memberikan hasil yang maksimal baik dalam segi visualisasi produk yang ditawarkan, variasi konten yang dibagikan maupun interaksi dengan pengikut instagram @eatery.id.
English Abstract
The increasing number of businesses, especially in the culinary sector, in Malang City means that every business owner must think about innovating, one of which is promoting through social media. This promotion via social media is carried out so that businesses become better known to the public, as a means of branding for each business and can compete with other culinary businesses, especially for MSME businesses. Eatery is one of the MSMEs in Malang City which was founded in May 2020. This MSME offers food products in the form of mentai, banana pudding, pasta and rice bowl. The target market for this business is women aged 17-30 years. This is because 17-30 year olds like contemporary food and generally use Instagram as the most frequently used social media. With the target market that has been explained, the eatery chose Instagram as one of the promotional media with the account name @eatery.id_ for its business development. At this time, the Instagram account has 160 followers. Promotional content that has been distributed includes 6 product photo posts. Not only in feed posts, testimonial videos are also distributed in the story feature and placed in 4 highlights. From July 2020 to October 2023 there was never any promotion in the form of posts and there was a lack of variety in the content distributed such as stories or reels. Apart from that, there is a lack of likes and comments on the number of likes and comments of the Instagram account's followers. So, it is necessary to develop promotional content to overcome this and optimize the content distributed via Instagram Eatery social media. So, the promotions carried out can provide maximum results both in terms of visualization of the products offered, variety of content shared and interaction with Instagram followers @eatery.id.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 0524170216 |
Uncontrolled Keywords: | Promosi, Media Sosial, Instagram - Promotion, Social Media, Instagram |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 04:06 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 04:06 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/222457 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ivana Angie Elianora.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |