Analisis Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Omo Sling Bag CRSL Official Shop di Shopee

Tadayyan, Al Syaima and Ir. I Dewa Made Widia, MT (2024) Analisis Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Omo Sling Bag CRSL Official Shop di Shopee. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kemudahan berbelanja melalui e-commerce berdampak pada kebiasaan masyarakat yang menjadi berubah dalam jual beli barang atau jasa. Namun sayangnya dengan meningkatnya jual beli e-commerce banyak terjadi kasus seperti barang tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan hal itu disebabkan customer tidak dapat melihat dan merasakan barang secara langsung. Online customer review adalah ulasan teks dari pelanggan, yang menggambarkan karakteristik (misalnya, kelebihan dan kekurangan) dari produk. Penilaian produk, di sisi lain, mewakili pendapat pelanggan pada skala tertentu. Keputusan pembelian adalah proses di mana individu mengevaluasi berbagai pilihan dan memilih produk tertentu dari banyak pilihan yang tersedia.Dengan pertumbuhan e-commerce di Indonesia, perlu untuk melakukan penelitian pada online customer review. Kemungkinan bahwa online customer review akan terus memiliki dampak penting pada keputusan pembelian dan tidak dapat dijamin juga bahwa pelanggan akan selalu menjadikan online customer review sebagai faktor penting dalam membuat keputusan pembelian di masa depan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melalui teknik purposive sampling, lokasi penelitian di Malang Raya dengan responden dari kalangan Gen Z(1997-2012). Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan tool Google Form yang disebar secara online dan menggunakan skala likert sebagai pembobotan setiap item pernyataan. Pengolahan data menggunakan Excel dan SPSS Versi 25 melalui uji validitas, reliabilitas, normalitas, regresi linier sederhana, dan korelasi. Penelitian ini menggunakan 65 responden yang dibagi menjadi 30 responden uji validitas dan reliabilitas kemudia 35 responden untuk uji normalitas regresi liner dan korelasi. Hasil penelitian ini adalah online customer review memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian omo slig bag CRSL Official Shop di Shopee. pengaruh variabel online customer review terhadap keputusan pembelian sebesar 67,5% yang apabila di korelasikan bahwa memiliki pengaruh yang sangat kuat

English Abstract

However, unfortunately, with the rise of e-commerce sales, there are many cases of goods that are not in line with what we expect because the customer cannot see and feel the goods directly. Online customer reviews are text reviews from customers that describe the characteristics (for example, advantages and disadvantages) of a product. Product ratings, on the other hand, represent customer opinions on a certain scale. A purchase decision is a process in which an individual evaluates a variety of options and chooses a particular product from the many available options. With the growth of ecommerce in Indonesia, it is necessary to do research on online customer reviews. It is likely that online customer reviews will continue to have an important influence on purchasing decisions, and it is not guaranteed that customers will always make online customer reviews an important factor in making future purchase decisions. This research uses quantitative methods through purposive sampling techniques and research locations in Malang Raya with respondents from Gen Z (1997–2012). Data collection was done using a questionnaire with a Google Form tool distributed online and using a Likert scale as a measure of the depreciation of each statement item. Data processing using Excel and SPSS Version 25 through validity, reliability, normality, simple linear regression, and correlation tests. The study used 65 respondents, divided into 30 respondents for validity and reliability tests, followed by 35 respondents for normality tests of linear and correlation regression. The result of this study is that online customer reviews have an influence on the purchase decisions of the CRSL Official Shop at Shopee. The influence of the online client review variable on the purchasing decision was 67.5%, which, when correlated, has a very strong influence

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0524170209
Uncontrolled Keywords: online customer review, keputusan pembelian, omo sling bag CRSL official shop, e-commerce. online customer review, purchasing decisions, Omo Sling Bag CRSL official shop, e-commerce.
Divisions: Program Vokasi > D3 Teknologi Informasi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 10 Jul 2024 08:24
Last Modified: 10 Jul 2024 08:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/222423
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Al Syaima Tadayyan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item