Nurlaili, Ilmadinnia and Dr. Riyanto, M.Hum and Dr Abd. Qodir Muslim, S.Pd.I., M.Pd. (2024) Penerapan Manajemen Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) melalui Gaya Hidup Berkelanjutan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan manajemen pembelajaran projek penguatan profil pelajar pancasila melalui gaya hidup berkelanjutan di SDIK Mutiara Anak Sholeh. Berkembangnya isu pemanasan global sehingga mendorong masyarakat dunia untuk mulai merubah pola pikir terhadap gaya hidup untuk mengurangi kerusakan terhadap lingkungan. Kurikulum merdeka saat ini memiliki Program sekolah penggerak yang diharapkan sekolah mampu memberikan pengajaran Gaya Hidup Berkelanjutan melalui P5. SDIK Mutiara anak Sholeh merupakan salah satu sekolah Penggerak di Kabupaten Sidoarjo yang akan diteliti mengenai penerapan manajemen pembelajaran P5. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan tahapan penelitian diantaranya adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan manajemen pembelajaran untuk projek penguatan profil pelajar Pancasila di SDIK Mutiara Anak Sholeh dilaksanakan secara matang dan proses pembelajaran berjalan secara efektif. Manajemen pembelajaran yang diterapkan diantaranya perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam perencanaan dilakukan melalui beberapa aspek yaitu pemahaman projek, menyiapkan ekosistem sekolah, sarana dan prasarana, dan mendesain P5. Pada pelaksanaan proyek ini dilakukan melalui tahap pengenalan dan kontekstualisasi, tahap aksi, tahap refleksi, dan tahap pengembangan. Evaluasi pembelajaran untuk projek penguatan profil pelajar Pancasila di SDIK Mutiara Anak Sholeh dilaksanakan melalui asesmen diagnostik, asesmen formatif, dan asesmen sumatif. Adapun faktor pendukung yang dapat mendukung keberhasilan proyek diantaranya kesiapan sekolah, Penyampaian Kritis, saran, dan masukan dari berbagai pihak, Guru sebagai Tim fasilitator yang kreatif dan inovatif, dan keterlibatan siswa yang aktif dalam pelaksanaan projek. Akan tetapi terdapat juga faktor penghambat yaitu kurangnya supervisi dan evaluasi proses pembelajaran secara berkala, dan adanya siswa yang pasif sehingga belum termotivasi mengikuti projek.
English Abstract
This study aims to determine and describe the implementation of project learning management to strengthen the student profile of Pancasila through a sustainable lifestyle at SDIK Mutiara Anak Sholeh. The development of the issue of global warming has encouraged the world community to begin to change their mindset towards lifestyles to reduce damage to the environment. The current independent curriculum has a driving school program that schools are expected to be able to provide Sustainable Lifestyle teaching through P5. SDIK Mutiara Anak Sholeh is one of the driving schools in Sidoarjo Regency that will be studied regarding the implementation of P5 learning management. The method used in this research is descriptive research with a qualitative approach with research stages including interviews and documentation. The results showed that learning management for the project of strengthening the profile of Pancasila students at SDIK Mutiara Anak Sholeh was carried out carefully and the learning process was effective. Learning management that is applied includes planning, implementation, and evaluation. Planning is done through several aspects, namely understanding the project, preparing the school ecosystem, facilities and infrastructure, and designing P5. The implementation of this project is carried out through the introduction and contextualization stage, the action stage, the reflection stage, and the development stage. Learning evaluation for the project to strengthen the profile of Pancasila students at SDIK Mutiara Anak Sholeh is carried out through diagnostic assessment, formative assessment, and summative assessment. The supporting factors that can support the success of the project include school readiness, Critical Submission, suggestions, and input from various parties, Teachers as a creative and innovative facilitator team, and active student involvement in project implementation. However, there are also inhibiting factors, namely the lack of supervision and evaluation of the learning process on a regular basis, and the existence of passive students who are not motivated to participate in the project.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052403 |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Pembelajaran, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Gaya Hidup berkelanjutan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 04:29 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 04:29 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/222389 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ilmadinnia Nurlaili.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |