Pengaruh Promosi dan E-trust terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Pengguna Shopee yang Melakukan Pembelian Produk Scarlett Whitening)

Diah Ayu Lestari, Dedeh Erika and Lusy Deasyana Rahma Devita, S.AB., M.AB (2024) Pengaruh Promosi dan E-trust terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Pengguna Shopee yang Melakukan Pembelian Produk Scarlett Whitening). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk : (1) mengetahui dan menjelaskan pengaruh dari variabel Promosi (X1) terhadap Keputusan Pembelian (Y), (2) mengetahui dan menjelaskan pengaruh dari variabel E-trust (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y), (3) mengetahui dan menjelaskan secara bersama pengaruh dari variabel Promosi (X1) dan E-trust (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksplanatori (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna platform Shopee yang melakukan pembelian produk Scarlett Whitening di Indonesia dengan jumlah sampel sebanyak 116 orang responden. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan metode pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner secara online. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Data dalam penelitian ini diolah dengan menggunakan aplikasi SPSS 23 for Windows. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel Promosi (X1) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y), variabel E-trust (X2) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y), dan secara simultan variabel Promosi (X1) dan E-trust (X2) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y).

English Abstract

This research was conducted to : (1) determine and explain the influence of the Promotion variable (X1) on Buying Decision (Y), (2) determine and explain the influence of the E-trust variable (X2) on Buying Decision (Y), (3) find out and explain together the influence of the Promotion (X1) and E-trust (X2) variables on Buying Decision (Y). The type of research used in this research is explanatory research with a quantitative approach. The population in this study were Shopee platform users who purchased Scarlett Whitening products in Indonesia with a sample size of 116 respondents. The sampling technique for this research uses a purposive sampling technique with a data collection method using online questionnaire distribution. Meanwhile, the data analysis used is descriptive statistical analysis and multiple linear regression analysis. The data in this research was processed using the SPSS 23 for Windows application. The results of multiple linear regression analysis show that the Promotion variable (X1) has a positive and significant influence on Buying Decision (Y), the E-trust variable (X2) has a positive and significant influence on Buying Decision (Y), and simultaneously the Promotion variable (X1) and E-trust (X2) have a positive and significant influence on Buying Decision (Y).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052403
Uncontrolled Keywords: Promosi, E-Trust, Keputusan Pembelian
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 02 Aug 2024 05:41
Last Modified: 02 Aug 2024 05:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/222325
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Diah Ayu Lestari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item