Pengaruh Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian E-commerce Agoda (Survei Online pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya)

Damayanti, Dedeh Erika and Hanifa Maulani Ramadan, S.AB., M.AB. (2024) Pengaruh Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian E-commerce Agoda (Survei Online pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh kemudahan penggunaan dan persepsi risiko terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Agoda. Dengan pertumbuhan transaksi online yang pesat, pemahaman terhadap faktorfaktor yang memengaruhi perilaku konsumen dalam lingkungan e-commerce menjadi sangat penting. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya tahun ajaran 2023/2024. Sampel pada penelitian ini sebanyak 116 responden melalui pendekatan kuantitatif dengan menggunakan survei online. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS versi 29. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya: 1) Kemudahan Penggunaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, 2) Persepsi Risiko berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, 3) Kemudahan Penggunaan dan Persepsii Risiko berpengaruh signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian. Signifikansi dari penelitian ini terletak pada kontribusinya yang potensial baik dalam ranah akademis maupun praktis. Secara akademis, penelitian ini memperkaya literatur yang sudah ada tentang perilaku konsumen dalam konteks e-commerce, khususnya di industri perhotelan. Secara praktis, temuan penelitian dapat membantu Agoda dan platform e-commerce lainnya untuk menyempurnakan strategi mereka guna menciptakan pengalaman pembelian online yang lebih ramah pengguna dan dapat dipercaya. Penelitian ini diakhiri dengan menekankan pentingnya memahami dan mengatasi kekhawatiran pengguna terkait kemudahan penggunaan dan persepsi risiko e-commerce. Dengan melakukannya, bisnis dapat membangun kepercayaan dan meningkatkan kepuasan pelanggan, pada akhirnya mendorong ekosistem e-commerce yang lebih kokoh dan berkelanjutan.

English Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh kemudahan penggunaan dan persepsi risiko terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Agoda. Dengan pertumbuhan transaksi online yang pesat, pemahaman terhadap faktorfaktor yang memengaruhi perilaku konsumen dalam lingkungan e-commerce menjadi sangat penting. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya tahun ajaran 2023/2024. Sampel pada penelitian ini sebanyak 116 responden melalui pendekatan kuantitatif dengan menggunakan survei online. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS versi 29. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya: 1) Kemudahan Penggunaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, 2) Persepsi Risiko berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, 3) Kemudahan Penggunaan dan Persepsii Risiko berpengaruh signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian. Signifikansi dari penelitian ini terletak pada kontribusinya yang potensial baik dalam ranah akademis maupun praktis. Secara akademis, penelitian ini memperkaya literatur yang sudah ada tentang perilaku konsumen dalam konteks e-commerce, khususnya di industri perhotelan. Secara praktis, temuan penelitian dapat membantu Agoda dan platform e-commerce lainnya untuk menyempurnakan strategi mereka guna menciptakan pengalaman pembelian online yang lebih ramah pengguna dan dapat dipercaya. Penelitian ini diakhiri dengan menekankan pentingnya memahami dan mengatasi kekhawatiran pengguna terkait kemudahan penggunaan dan persepsi risiko e-commerce. Dengan melakukannya, bisnis dapat membangun kepercayaan dan meningkatkan kepuasan pelanggan, pada akhirnya mendorong ekosistem e-commerce yang lebih kokoh dan berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052403
Uncontrolled Keywords: Kemudahan Penggunaan, Persepsi Risiko, Keputusan Pembelian, Ecommerce, Agoda
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 02 Aug 2024 05:41
Last Modified: 02 Aug 2024 05:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/222322
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dedeh Erika Damayanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item