Firdaus, Sya’ifatul Amna Roudlotul and Jamila Wijayanti, S.S., M.Pd (2024) Penerapan Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Teks Hikayat Kelas X SMAS Diponegoro Tumpang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pembelajaran yang digunakan pada masa kini banyak sekali menggunakan media-media berbasis digital. Media pembelajaran digital tersebut sangat membantu guru dan siswa dalam mewujudkan tujuan pembelajaran yang dirancang berdasarkan metode, strategi dan evaluasi pembelajaran. Wordwall merupakan website yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang berbasis teknologi. Di dalam platform digital Wordwall terdapat beberapa macam permainan edukasi yang dapat digunakan untuk pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif pendekatan deskriptif dengan desain penelitian yang digunakan yaitu studi kasus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan Wordwall pada pelajaran bahasa Indonesia materi teks hikayat kelas X SMA Diponegoro Tumpang dan dampak penerapan media pembelajaran wordwall dalam proses belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi dan penyebaran kuesioner yaitu penggunaan media pembelajaran wordwall dalam pembelajaran dapat membangkitkan semangat, motivasi, minat, dan hasil belajar siswa SMA Diponegoro Tumpang. Adapun data yang diperoleh yaitu untuk hasil belajar siswa sebelum menggunakan media pembelajaran Wordwall, terdapat 4 siswa mendapatkan nilai pada interval 51-60, 2 siswa mendapat nilai pada interval 61-70, 23 siswa mendapat nilai pada interval 71-80, dan 2 siswa mendapat nilai pada interval 81-90 sedangkan setelah menerapkan media pembelajaran Wordwall, terdapat 2 siswa yang mendapatkan nilai pada interval 90-95 dan 29 siswa yang mendapatkan nilai pada interval 96-100. Data lain yang berasal dari penyebaran kuesioner membuktikan bahwa dengan penggunaan media Wordwall 100% efektif digunakan dalam pembelajaran. Motivasi, minat, dan semangat belajar suatu kesatuan yang saling terikat dan berhubungan. Oleh sebab itu, penggunaan media pembelajaran yang bervariatif seperti platform wordwall dapat digunakan sebagai penunjang untuk mewujudkan tujuan belajar yang baik.
English Abstract
Learning methods nowadays often heavily rely on digital-based media. These digital learning media greatly assist teachers and students in achieving learning goals designed based on teaching methods, strategies, and evaluation. Wordwall is a website that can be used as a technology-based learning medium. In the digital platform Wordwall, several educational games can be used for learning. The method used in this research was a qualitative descriptive approach with a research design of a case study. This study aimed to determine the effect of implementing Gamification Wordwall in Indonesian language lessons, specifically on the material of narrative texts for grade X students at SMA Diponegoro Tumpang, and the effects of using Wordwall learning media in the students learning process. Based on the observation results and questionnaire distribution, using Wordwall learning media in education can increase the enthusiasm, motivation, interest, and learning outcomes of SMA Diponegoro Tumpang students. The data obtained is for student learning outcomes before using Wordwall learning media, there are 4 students getting scores in the 51-60 interval, 2 students getting scores in the 61-70 interval, 23 students getting scores in the 71-80 interval, and 2 students getting scores in the 81-90 interval while after applying Wordwall learning media, there are 2 students who get scores in the 90- 95 interval and 29 students who get scores in the 96-100 interval. Other data derived from the distribution of questionnaires prove that the use of Wordwall media is 100% effective in learning. Motivation, interest, and enthusiasm for learning are interconnected and related units. Therefore, varied learning media such as the Wordwall platform can be used as a support to achieve good learning objectives.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524120088 |
Uncontrolled Keywords: | Penerapan, Wordwall, Media Pembelajaran, Teks Hikayat-Aplication, Wordwall, instructional media, narrative texts |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 08:21 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 08:21 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/222304 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Sya’ifatul Amna Roudlotul Firdaus.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |