Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Padlet pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMAN 1 Batu

Khairunnisa, Shaafiyah and Vanda Hardinata, S.Pd., M.Pd (2024) Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Padlet pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMAN 1 Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan suatu proses pembelajaran adalah penggunaan media yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa terhadap penggunaan Padlet yang digunakan untuk media pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian metode kualitatif dengan pendekatan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Prosedur pengambilan data diperoleh melalui kuesioner menggunakan Google Form dan wawancara. Total populasi data penelitian adalah siswa kelas 12 jurusan MIPA di SMA Negeri 1 Batu. Siswa mempunyai kualifikasi yang sama dan baru diperkenalkan Padlet dengan jumlah sampel untuk mengisi kuesioner sebanyak 66 responden. Sementara itu, untuk prosedur wawancara dilakukan kepada 8 orang siswa. Hasil analisis penelitian menunjukkan persepsi siswa menampilkan respon yang positif terhadap penggunaan Padlet pada pembelajaran bahasa Indonesia. Padlet memberikan pengalaman baru bagi siswa, memudahkan akses dan memiliki tampilan yang menarik serta mengubah cara belajar yang lama menjadi lebih menyenangkan. Di samping itu, ada keterbatasan jaringan ketika pemakaian Padlet. Berdasarkan hasil temuan menunjukkan bahwa Padlet memberikan dampak yang baik dalam proses belajar mengajar

English Abstract

One of the factors that determine the success of a learning process is the use of appropriate media. This study aims to describe students' perceptions of the use of Padlet for learning media. This research is a qualitative method research with a descriptive qualitative research type approach. Data collection procedures were obtained through questionnaires using Google Form and interviews. The total population of research data is 12th-grade students majoring in Mathematics and Natural Sciences at SMA Negeri 1 Batu. Students have the same qualifications and have just been introduced to Padlet with a total sample to fill out the questionnaire of 66 respondents. Meanwhile, the interview procedure was conducted with 8 students. The results of the research analysis show that students' perceptions display a positive response to the use of Padlet in Indonesian language learning. Padlet provides a new experience for students, facilitates access, has an attractive appearance, and changes the old way of learning to be more fun. In addition, there are network limitations when using Padlet. Based on the findings, it shows that Padlet has a good impact on the teaching and learning p

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524120086
Uncontrolled Keywords: Persepsi siswa, Padlet, Bahasa Indonesia-Students' Perception; Padlet; Indonesian language
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 10 Jul 2024 08:21
Last Modified: 10 Jul 2024 08:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/222296
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Shaafiyah Khairunnisa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item