Pengetahuan dan Persiapan Ibu Atas Kelahiran Anak Berikutnya Dengan Angka Kejadian Sibling Rivalry Pada Anak Usia 1-3 Tahun

Zhafira, Hilda and Dr. Safrina Dewi Ratnaningrum, S.Si, M.Si.Med and Era Nurisa Windari, S.ST, M. (2024) Pengetahuan dan Persiapan Ibu Atas Kelahiran Anak Berikutnya Dengan Angka Kejadian Sibling Rivalry Pada Anak Usia 1-3 Tahun. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sibling rivalry merupakan suatu kondisi dimana adanya rasa cemburu, persaingan, serta perdebatan antar saudara dengan mendapatkan perhatian dan cinta dari orang tuanya. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab konflik antar saudara antara lain ialah cara mendidik orang tua, pengetahuan orang tua, dan juga selisih usia pada anak. Sibling rivalry ini memberikan dampak negatif pada anak seperti menimbulkan tantrum, negativisme, dan juga regresi. Dampak yang dapat terjadi pada anak dengan kejadian sibling tidak akan berhenti di masa anak-anak saja, akan tetapi dapat berlanjut di masa remaja hingga dewasa apabila tidak dicegah dan diatasi dengan baik. Tujuan penelitian yang dilakukan ialah mengidentifikasi seberapa cakap dan siapnya para ibu atas kelahiran anak berikutnya dengan angka kejadian sibling rivalry. Penelitian yang dilakukan dengan pendekatan crosssectional dan desain penelitian analisis korelasional dalam konteks kuantitatif. Sejumlah 65 orang ibu dijadikan sebagai sampel. Teknik purposive sampling dipilih untuk menentukan sampel berdasarkan pertimbangan peneliti. Kuesioner digunakan untuk pengambilan data pada ibu yang hadir ketika posyandu. Metode spearman digunakan untuk menganalisa data yang ada. Berdasarkan hasil, dapat ditarik kesimpulan bahwa tak ada korelasi antara pengetahuan ibu dan persiapan kelahiran anak berikutnya dengan angka kejadian sibling rivalry untuk anak yang berusia 1-3 tahun di Desa Dadaprejo Kecamatan Junrejo Kota Batu dengan signifikansi sebesar 0,917 dan 0,668 (P = 0,000 > 0,05).

English Abstract

Sibling rivalry is a condition where jealousy, competition, and sibling debate are nurtured by the love and attention of a parent. Many of the factors that contribute to conflict between siblings are parenting, parental knowledge, and child age differences. These experiences hurt children such as having tantrums, negatives, and regressions. The effects that can happen to children with incidents of bullying will not end only in childhood, but they can continue in adolescence until adulthood when unchecked and resolved properly. The purpose of research is to identify how capable and prepared mothers are for the birth of their next child in preventive prevention. The research was done with a cross-sectional approach and the design of correlational analysis research in a quantitative context. The number of 65 mothers were taken as samples. Exceptional sampling techniques were selected to determine samples based on the researchers' judgment. A questionnaire is used for collecting data on mothers who were present during posyandu. Spearman's method is used to analyze the data. Based on the results, it can be drawn to the conclusion that there is no correlation between the knowledge of the mother and the preparation for the birth of the next child with a preventive prevention effort for a 1-3-year-old child in the village of Dadaprejo district of Junrejo stone city with a significance of 0.917 and 0.668 (p = 0,000 > 0.05).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052406
Uncontrolled Keywords: sibling rivalry, pengetahuan ibu, persiapan ibu
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 01 Aug 2024 06:52
Last Modified: 01 Aug 2024 06:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/222295
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Hilda Zhafira.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item