Challenges of Teaching English to Primary School Students in a Rural Area

Sabila, Indi Aina Sal and Devinta Puspita Ratri, S.Pd., M.Pd. (2024) Challenges of Teaching English to Primary School Students in a Rural Area. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bahasa Inggris dianggap sebagai bahasa asing di Indonesia dan wajib dipelajari oleh semua orang, terutama siswa. Pengajaran bahasa Inggris harus dimulai dari usia muda karena pelajar muda sangat efektif dalam menerima pembelajaran baru pada usia mereka. Oleh karena itu, mengajarkan bahasa Inggris kepada siswa sangat penting dan juga bermanfaat untuk memperkuat kemampuan komunikasi siswa dalam persiapan menghadapi era globalisasi. Namun, guru-guru di sekolah pedesaan menghadapi banyak tantangan dalam mengajar bahasa Inggris. Karena masih kurangnya penelitian yang mengeksplorasi tantangan mengajar bahasa Inggris untuk siswa sekolah dasar di daerah pedesaan, serta strategi yang digunakan untuk mengatasi tantangan tersebut, maka dari itu penelitian ini dilakukan oleh peneliti. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tantangan yang dihadapi oleh guru ketika mengajar bahasa Inggris di sekolah pedesaan, dan kemudian untuk mengetahui strategi yang diterapkan untuk mengatasi tantangantantangan tersebut. Penelitian ini memiliki lebih dari satu sumber data untuk mancapai hasil yang valid, yang melibatkan guru dan juga siswa unyuk mengumpulkan data. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui kegiatan observasi langsung di 4 kelas dalam tiga kali pertemuan di SDN Kloposawit 03 Lumajang, dan kemudian wawancara semi-struktur dengan empat guru dan empat siswa digunakan sebagai metode pengumpulan data. Dari hasil observasi dan wawancara, peneliti menemukan beberapa tantangan yang dihadapi guru dalam mengajar bahasa Inggris di daerah pedesaan, diantaranya adalah (1) Rendahnya motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris; (2) kondisi sosial ekonomi siswa; (3) guru berasal dari latar belakang pendidikan non-Inggris yang mempengaruhi kompetensi mereka dalam mengajar; dan (4) kurangnya media dan sumber belajar yang dapat menunjang pembelajaran. Kemudian strategi yang digunakan guru adalah memotivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris dan menggunakan metode mengajar yang menarik.

English Abstract

English is considered a foreign language in Indonesia and must be learned by everyone, especially students. Teaching English should start from a young age because young learners are very effective in accepting new learning at their age. Therefore, teaching English to students is very important and also beneficial to improve students' communication skills in preparation for the globalization era. However, teachers in rural schools face many challenges in teaching English. Due to still a lack of studies that explore the challenges of teaching English to primary school students in a rural area, as well as the strategies used to overcome these challenges, therefore this study was conducted by the researcher. This study aims to analyze the challenges teachers face when teaching English in rural area schools and then to find out the strategies applied to overcome these challenges. This research has more than one data source to achieve valid results, which involves teachers and students to collect data. This is a case study research using a qualitative approach through direct observation activities in 4 classes in three meetings at SDN Kloposawit 03 Lumajang. Semi-structured interviews with four teachers and four students were also used as data collection methods. From the results of the observations and interviews, the researcher found several challenges faced by teachers in teaching English in rural areas, including (1) students' low motivation in learning English; (2) students' socio-economic conditions; (3) teachers came from non-English educational backgrounds which affect their competence in teaching; and (4) lack of media and learning resources that can support learning. Then the strategies used by teachers are motivating students in learning English and utilize interesting teaching methods.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524120080
Uncontrolled Keywords: Challenges, strategies, primary school students, rural area-Tantangan, strategi, siswa sekolah dasar, daerah pedesaan.
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 09 Jul 2024 08:29
Last Modified: 09 Jul 2024 08:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/222268
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Indi Aina Sal Sabila.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item