Az-Zahra, Haniyah Kamilah and Maulfi Syaiful Rizal, M.Pd (2024) Implementasi Teori Belajar Behaviorisme B.F. Skinner Dalam Pembelajaran Merancang Novel Pada Siswa Kelas XII IPS. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan mengenai penerapan Teori Belajar Behaviorisme Operant Conditioning B.F Skinner dalam pembelajaran merancang novel di SMA Negeri 1 Kepanjen serta mengetahui respon siswa. Dalam penelitian ini, peneliti menguraikan bentuk-bentuk pemberian stimulus dan prinsip-prinsip Operant Conditioning B.F Skinner yang diterapkan dalam pembelajaran merancang novel. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner. Sedangkan analisis data dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Teori Belajar Behaviorisme Operant Conditioning B.F Skinner dalam pembelajaran merancang novel di SMA Negeri 1 Kepanjen telah mendapatkan respon serta perubahan perilaku siswa ke arah yang lebih baik, khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan materi merancang novel. Penerapan teori tersebut menghasilkan respon yang baik serta perubahan perilaku siswa ke arah yang positif berupa terbentuknya motivasi belajar dan terciptanya sikap disiplin siswa yang lebih meningkat jauh dari yang sebelumnya.
English Abstract
This study aims to find out and describe how the application of B.F Skinner's Operant Conditioning Behaviorism Learning Theory in learning to design novels at SMA Negeri 1 Kepanjen and to find out student responses. In this study, researchers describe the forms of stimulus provision and the principles of Operant Conditioning B.F Skinner applied in learning to design novels. This research used descriptive qualitative method. The data collection techniques used observation, interviews, and questionnaires. While data analysis is done with several stages, namely data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results showed that B.F Skinner's Learning Theory of Operant Conditioning Behaviorism in learning to design novels at SMA Negeri 1 Kepanjen has received responses and changes in student behavior in a better direction, especially in Indonesian language subjects with novel design material. The application of the theory produces a good response and changes in student behavior in a positive direction in the form of the formation of learning motivation and the creation of a disciplined attitude of students who are more improved than before.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524120078 |
Uncontrolled Keywords: | Teori Belajar, Operant Conditioning B.F Skinner, Pembelajaran Merancang Novel Learning Theory, Operant Conditioning B.F Skinner, Novel Designing Learning |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 08:29 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 08:29 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/222262 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Haniyah Kamilah Az-Zahra.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |