Media Twitter (X) Sebagai Alat Marketing Partai Politik: Analisis Perbandingan Pola Party Branding Gerakan Indonesia Raya Pada Pemilu 2019 Dan Pemilu 2024

Jenifer Rositua Tambunan, Eliza (2024) Media Twitter (X) Sebagai Alat Marketing Partai Politik: Analisis Perbandingan Pola Party Branding Gerakan Indonesia Raya Pada Pemilu 2019 Dan Pemilu 2024. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami bentuk persamaan dan perbedaan pola party branding Gerindra menggunakan Media Twitter (X), serta bentuk marketing politik yang digunakan dalam Pemilu 2019 dan Pemilu 2024. Fenomena kampanye menggunakan Media Twitter (X) dilakukan oleh partai politik di Indonesia sudah banyak dijumpai, akan tetapi setiap pelaksanaannya memiliki karakteristik berbeda. Diketahui bahwa Partai Gerindra aktif menggunakan Media Twitter (X) dalam kontestasi politik Pemilu, terutama fenomena yang dilihat melalui pemilihan presiden dan wakil presiden. Penelitian menggunakan metodologi kualitatif, menggunakan Media Twitter (X) Gerindra sebagai sumber data. Metodologi tersebut dioperasionalkan dengan metode content analysis, menggunakan Twitter Advanced Search sebagai alat bantu mencari data cuitan partai Gerindra dalam Pemilu 2019 dan Pemilu 2024. Menemukan adanya persamaan dalam brand personality dan brand trust dan perbedaan dalam brand personality dan brand communication, muncul hal ini menunjukkan adanya bentuk pola dari party branding dapat ditemukan persamaan dan perbedaannya. Serta, penelitian ini menemukan kecocokan pada teori LeesMarshment dalam marketing politik Sales Oriented Market melalui hasil analisis perbandingan pola party branding Gerindra.

English Abstract

his research aims to comprehend the forms of similarities and differences in party branding patterns of Gerindra by using Twitter, as well as the political marketing employed in the 2019 Election and leading up to the 2024 Election. The phenomenon of political campaign via Twitter in Indonesia has become prevalent, however each implementation have different characteristics. It is known that Gerindra Party has activelty utilizes Twitter in the political contestation of election, particularly observed through the presidential election. This study employs a qualitative descriptive methodology, using Gerindra’s Twitter platform as the primary data source. This methodology is assisted with content analysis method, using Twitter Advanced Search as the tool to retrieve Gerindra party tweets. This research finds reveal both similarities and differences in brand personality and brand trust, as well as distinctios in brand personality and brand communication. This research indicates the existence of patterns in party branding where similarities and differences can be identified. Furthermore, this research strengthens Lees-Marshment’s theory on Sales Oriented Market in political marketing through the analysis of Gerindra’s party branding

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052411
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 28 Jun 2024 07:41
Last Modified: 28 Jun 2024 07:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/222248
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Eliza Jenifer Rositua Tambunan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item