Pembuatan Konten Iklan Sebagai Penunjang Jangkauan Pemasaran Pada Akun Instagram Dokter Creative

Diffikanasia, Ivo and Salnan Ratih Asriningtias, ST., MT (2024) Pembuatan Konten Iklan Sebagai Penunjang Jangkauan Pemasaran Pada Akun Instagram Dokter Creative. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemasaran digital atau digital marketing memiliki peran penting sebagai usaha untuk mengenalkan jasa dengan maksud untuk menarik minat masyarakat menggunakan sosial media salah satunya. Pemanfaatan sosial media di dunia, termasuk di Indonesia diantaranya untuk bersosialisasi serta berbagi informasi. Informasi yang dibagikan dapat berupa visual teks, foto atau video. Salah satu sosial media yang digunakan untuk berbagi visual teks foto serta video adalah Instagram. Instagram banyak digunakan perusahaan untuk menyampaikan informasi, dan berhubungan dengan konsumen. Saat ini, strategi pemasaran digital masih banyak menggunakan konten desain grafis berupa gambar, dengan variasi dan jangkauan penonton yang terbatas. Hal ini menghambat upaya untuk meningkatkan minat pembeli. Penggunaan Konten video yang berkualitas dapat membantu meningkatkan jangkauan pemasaran di Instagram. Konten yang menarik dan relevan dengan target pasar akan mendorong pengguna untuk melihat, menyukai, dan membagikan konten tersebut. Hal ini akan meningkatkan visibilitas brand dan menjangkau lebih banyak pengguna.Tugas Akhir ini bertujuan membuat video iklan untuk menunjang jangkauan pemasaran pada jasa desain logo. Tugas akhir ini menggunakan data dari wawancara, riset dokumentasi, serta arsip dari konten. Dari hasil diketahui tersebut diketahui bahwa: (1) Penggunaan konten foto sebagai pemasaran pada akun Instagram Dokter Creative mendapatkan interaksi yang kurang optimal (2) Konten Video memiliki pengaruh terhadap jangkauan (reach), keterlibatan (engagement), dan suka (like) pada postingan. Oleh karena itu, penggunaan konten video yang menarik dan kreatif dapat menjadi solusi untuk meningkatkan jangkauan pemasaran dan minat pembeli di Instagram.

English Abstract

Digital marketing or digital marketing has an important role as an effort to introduce services with the intention of attracting public interest using social media, one of them. The use of social media in the world, including in Indonesia, is for socializing and sharing information. The information shared can be visual, text, photos, or videos. One of the social media used to share visual, text, photos and videos is Instagram. Instagram is widely used by companies to convey information, and connect with consumers. Currently, digital marketing strategies still use a lot of graphic design content in the form of images, with limited audience variety and reach. This hampers efforts to increase buyer interest. The use of quality video content can help increase marketing reach on Instagram. Content that is interesting and relevant to the target market will encourage users to view, like, and share the content. This will increase brand visibility and reach more users. This Final Project aims to create video advertisements to support marketing reach in logo design services. This final project uses data from interviews, documentation research, and archives of content. From the results it is known that: (1) The use of photo content as marketing on Doctor Creative's Instagram account gets less than optimal interaction (2) Video Content has an influence on reach, engagement, and likes on posts. Therefore, the use of interesting and creative video content can be a solution to increase marketing reach and buyer interest on Instagram.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0524170186
Uncontrolled Keywords: Pembuatan Video, Jangkauan Pemasaran, Instagram-Video Creation, Marketing Reach, Instagram
Divisions: Program Vokasi > D3 Teknologi Informasi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 05 Jul 2024 08:53
Last Modified: 05 Jul 2024 08:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/222092
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ivo Diffikanasia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item